Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Breeding Ikan Cupang Terbaik

Rumus Breeding  Ikan Cupang Terbaik
Rumus Warna Ikan Cupang

Pernah kenal dengan istilah breeding ikan cupang sebelumnya ? Menciptakan jenis ikan cupang terbaru adalah impian semua peternak ikan. Dan untuk mendapatkan hal itu, pertenak harus ketahui terlebih dahulu rumus breeding ikan cupang terbaik.

Teknik dan Rumus Breeding Ikan Cupang

Mendapatkan warna unik dengan memperhatikan rumus warna ikan cupang dari budidaya ikan cupang adalah hal yang tentu saja menyenangkan dan menguntungkan para peternak cupang. Namun sayangnya, hal ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Perlu ada teknik breeding yang tepat agar hasilnya pun tepat sasaran. Baca Juga : Cara Ternak Ikan Cupang Sendiri di Rumah

Apa saja rumus breeding yang bisa diterapkan untuk mendapatkan strain baru ikan cupang ? Nah, artikel kali ini akan menguraikan beberapa teknik dan rumus breeding ikan cupang supaya peternak bisa mendapatkan strain ikan cupang dengan warna yang unik dan kuat!

1.     Superbreed

Superbreed adalah teknik breeding ikan cupang yang cukup sulit dilakukan. Rumus satu ini mengacu pada jenis ikan cupang yang menurunkan genetika dan sifat terbaik yang diberikan pada keturunannya. Faktor inilah yang membuat teknik superbreed tidak mudah dilakukan.

Pelru digarisbawahi, dalam rumus breeding ikan cupang superbreed ialah intensitas perkawinan yang akan dilakukan. Ini artinya, peternak tidak bisa selalu mengawinkan indukan superbreed. baca juga :  Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur

Sehingga yang harus dilakukan adalah memilih anak hasil dari superbreed, yang nantinya akan digunakan untuk proyek selanjutnya. Nah, bagi peternak yang ingin sukses maka milikilah kemampuan menghasilkan superbreed seorang diri.

2.     Outbreed (Crossbreed)

Teknik kedua adalah outbreed, ini adalah sebuah teknik dengan melakukan perkawinan silang antara ikan cupang. Perkawinan yang dilakukan adalah ikan cupang yang tidak mempunyai hubungan darah, atau punya hubungan darah yang terlampau jauh hingga genetiknya sudah menghilang.

Rumus dan teknik breeding satu ini adalah cara yang paling umum dan banyak dilakukan oleh peternak ikan cupang. Adapun contoh jenis teknik outbreed yakni bisa dilakukan dengan mengawinkan kedua jenis cupang betina asal Indonesia dengan cupang jantan asal China.

3.     Linebreed

Linebreed adalah salah satu metode breeding dengan mengawinkan ikan cupang yang masih mempunyai ikatan darah yang tidak terlampau jauh. Contoh persilangan dalam linebreed ini ialah yang masih satu genetika.

Perkawinan silang semacam ini sebenarnya berfungsi untuk memperkuat genetika dan termasuk rumus breeding ikan cupang terbaik. Selain itu juga bertujuan untuk mengembalikan sifat egentik dari karakter utamanya, yang mana mungkin saja telah menghilang saat dilakukan proses inbreed.

4.     Inbreed

Rumus warna ikan cupang yang terakhir, adalah teknik inbreed, yakni breeding ikan cupang yang dilakukan dengan perkawinan silang antara 2 ikan cupang yang mempunyai hubungan kekerabatan sangat dekat. Misalnya, perkawinan antara anak cupang dengan ibu cupang.

Teknik perkawinan inbreed dapat dilakukan dengan cukup mudah, yakni dengan tujuan agar mendapatkan bibit ikan cupang baru yang mempunyai kesamaan dengan bibit asal. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga memperoleh bibit yang lebih unggul dari sebelumnya.

Jangan lupa cari tahu juga mengenai; mutasi warna ikan cupang, mutasi ikan cupang, makanan ikan cupang untuk warna, makanan cupang untuk warna

Penting diketahui, penggabungan 2 genetika dari indukan pilihan rupanya akan menghasilkan bibit-bibit baru yang lebih matang, bagus, konsisten dan sempurna. Dan banyak sekali keuntungan yang didapat dari penggunaan metode persilangan inbreed ini.

Dinataranya ialah bisa memperkuat genetika warna ikan cupang, mendapatkan keturunan warna ikan cupang yang sama dengan indukan jantan ataupun indukan betinanya, bahkan kemungkinan besar berpeluang menghasilkan warna yang lebih bagus.

Nah, teknik inbreed ini snagat cocok diterapkan bagi para petani yang ingin tetap melestarikan dan mempertahankan warna ikan cupang yang diminati. Saat breeding cupang gunakan teknik inbreed untuk dapatkan hasil yang diimpikan.

Namun ada hal yang harus diperhatikan saat melakukan metode inbreed supaya peternak bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai target impian. Teknik ini rupanya hanya bisa dilakukan maksimal 4 kali saja.

Jika teknik inbreed dilakukan lebih dari 4 kali, makan kemungkinan besar akan beresiko mendapatkan hasil keturunan yang tidak sempurna. Bisa jadi anakan ikan cupang kurang optimal, kurang berkualitas, tidak bagus, kehilangan warna bahkan bisa jadi cacat.

Nah, demikianlah uraian singkat tentang rumus warna ikan cupang dan sedikit teknik dan rumus breeding ikan cupang terbaik yang bisa diterapkan oleh peternak ikan cupang. Ketelatenan dan kemampuan dalam memilih indukan jantan dan betina yang bagus adalah salah satu penentu keberhasilan breeding! Ingin tahu artikel lainnya terkait harga dari berbagai jenis ikan cupang ? Jangan lupa baca artikel tentang jenis ikan cupang termahal sampai termurah ya!

Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Rumus Breeding Ikan Cupang Terbaik"