Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur

Bagaimana cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur ? Pertanyaan satu ini seringkali terlontar dari peternak cupang yang masih pemula. Hal ini penting diketahui mengingat pemijahan adalah proses yang berperan besar dalam proses budidaya cupang.

Tahapan Praktis Proses Mengawinkan Cupang Agar Cepat Bertelur

Budidaya ikan cupang bisa menjadi bisnis yang menguntungkan jika tahu bagaimana proses pemijahan yang benar. Ikan cupang bisa cepat bertelur dengan menghasilkan ribuan benih jika pemijahan yang dilakukan sudah sesuai prosedur. 

Adapun cara mengawinkan ikan cupang agar menghasilkan ribuan telur, peternak harus menyiapkan beberapa hal supaya membuahkan hasil yang maksimal. Umumnya, cupang mampu mengeluarkan telur antara 600-1000 butir dari sepasang indukan yang telah berpijah.

Peternak harus handal dalam mengawinkan ikan cupang supaya telur-telur yang dihasilkan bisa bertahan hidup. Siapa saja sangat mungkin melakukan pemijahan cupang supaya cepat bertelur dengan ikuti cara di bawah ini.

1. Proses Pemilihan dan Perawatan Induk Ikan Cupang Jantan dan Betina

Hal pertama yang harus dilakukan peternak untuk mendapat telur-telur dengan cepat yakni dimulai dengan memilih ikan cupang betina yang perutnya sudah dipenuhi dengan telur. Cupang betina yang sudah siap dipijahkan biasanya jika disatukan dengan cupang jantan akan langsung membuahkan telur.

Sementara itu, jika peternak memijahkan ikan cupang betina yang perutnya tidak berisikan telur, maka pemijahan tersebut tidak akan terjadi, dimana tidak akan menghasilkan telur. Teknik satu ini penting digaris bawahi ya!

Selain mengawinkan ikan cupang dengan cara yang sesuai dengan prosedur, melakukan perawatan ikan cupang pun perlu diperhatikan. Cupang betina yang belum dipijahkan harus mendapat perawatan yang baik, mulai dari penggantian air secara rutin hingga mendapat pakan yang cukup.

Pemilihan dan perawatan ikan cupang adalah perkara pertama yang harus diketahui oleh peternak ilmunya supaya cupang yang dikawinkan menghasilkan telur dalam waktu singkat. Peternak harus mengawinkan cupang betina dengan cupang jantan yang benar-benar sudah siap untuk dipijahkan agar membuahkan hasil yang maksimal.

Adapun ciri dari cupang jantan yang siap dikawinkan yaitu biasanya membuat gelembung sarang di soliter dimana ia berada. Sementara itu, untuk membedakan cupang jantan dan betina yang sudah siap dipijahkan ialah dengan menentukan seberapa cepat mereka kawin dan bertelur.

2. Membiarkan Ikan Cupang Kawin dengan Sendirinya

Cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur berikutnya adalah membiarkan ikan cupang kawin dengan sendirinya. Sebaiknya peternak tidak mengganggu cupang jantan dan betina yang sedang kawin supaya bisa menghasilkan telur dengan cepat.

Pada umumnya, kebanyakan para peternak yang masih pemula sering mengabaikan hal yang satu ini. Karena rasa penasarannya yang tinggi terhadap proses pemijahan, mereka akan memantau terus proses perkawinan mulai dari penjodohan hingga akhir. 

Namun sayangnya, hal semacam ini justru akan membuat ikan cupang tidak cepat memijah karena terganggu dengan keberadaan manusia disekitarnya. Oleh sebab itu, sebaiknya peternak membiarkan ikan cupang kawin dengan sendirinya dengan tidak dipantau terus menerus.

Setelah cupang jantan dan betina dijodohkan, dan cupang jantan sudah membuat sarang gelembung, maka satukan keduanya di pagi atau sore hari untuk proses pemijahan. Tutup wadah perkawinan mereka dan biarkan mereka memijah dengan sendirinya.

Dengan pemilihan ikan cupang jantan dan betina yang seperti sudah dijelaskan di atas, maka tidak lama kemudian ikan cupang akan bertelur setelah disatukan. Jika cupang yang dipilih keduanya dalam kondisi sehat, maka kemungkinan terjadinya luka-luka akibat perkawinan tidak akan terjadi. Alhasil, ekor dan siirp cupang tidak robek maka telur-telur pun cepat dikeluarkan.

Nah, itulah dia cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur yang semoga bisa dijadikan referensi bagi peternak pemula. Bagaimana ? Cukup mudah dipraktekkan, bukan ? Peternak hanya perlu memilah jenis cupang yang hendak dipijahkan dan membiarkan mereka memijah dengan sendirinya.

Selain itu, peternak juga harus menguasai ilmu tentang jenis penyakit cupang yang perlu diketahui agar proses pemijahan bisa berlangsung dengan lancar. Selamat mencoba ya. Semoga hasil budidaya ikan cupang yang dilakukan bisa menghasilkan telur dalam waktu singkat! Sekian dan terimakasih.


Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk " Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur"