Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Peternak Ikan Cupang yang Sukses

Peternak Ikan Cupang

Membuka usaha ikan hias adalah peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2021. Salah satunya dengan menjadi peternak ikan cupang. Sukses dalam budidaya ikan cupang rupanya tidak sulit asal tahu tipsnya. Nah, di artikel ini pembaca sekalian akan diajak bagaimana cara menjadi peternak ikan cupang yang sukses.

Tips Jitu Menjadi Peternak Ikan Cupang yang Sukses 

Menjalankan bisnis ikan cupang dengan modal yang minim bisa meraup keuntungan yang sangat besar. Bagaimana bisa ? Tentunya dengan tips dan trik jitu menjadi peternak ikan cupang yang sukses.  Yuk langsung saja simak caranya berikut ini.

1. Memiliki Pengetahuan Luas tentang Ikan Cupang

Belakangan tahun ini, bisnis ikan cupang semakin merajalela. Bagi pengusaha yang tertarik terjun ke dalam dunia bisnis ini harus memiliki pengetahuan luas tentang ikan cupang. Mulai dari spesifikasi ikan cupang, cara budidaya hingga memahami penyakit yang dialami oleh ikan cupang.

Ikan cupang di Indonesia terdiri dari cupang hias dan cupang adu. Nah, cupang hias inilah yang biasanya dibudidayakan dan menjadi sumber penghasilan. Peternak haru mendalami pengetahuan tentang jenis-jenis cupang yang berkualitas sehingga memiliki harga jual tinggi.

Selain itu, pahami juga bagaimana cara budidaya ikan cupang yang baik dan benar agar memperoleh hasil yang maksimal. Cari pengetahuan juga tentang jenis-jenis penyakit yang dialami ikan cupang untuk meminimalisir kerugian. 

2. Bisa Membedakan Jenis-jenis Ikan Cupang

Cara menjadi peternak ikan cupang yang sukses berikutnya ialah dengan memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis ikan cupang. Perbedaan jenis ikan cupang harus diketahui supaya memudahkan peternak dalam proses buddiaya 

Untuk ikan cupang betina pada umumnya memiliki ciri ekor dan sirip yang lebih pendek, gerakan yang lamban, warnanya sedikit lebih gelap serta bentuk tubuhnya kecil. Cupang betina biasanya sudah siap dikawinkan sejka umur 3-4 bulan. Sementara cupang jantan di usia 4-8 bulan.

3. Mengetahui Proses Pemijahan yang Tepat

Proses pemijahan yang tepat berpengaruh pada hasil akhir budidaya. Jika ingin hasil panen maksimal, maka peternak wajib ketahui proses pemijahan yang baik dna benar mulai dari persiapan wadah hingga proses mengawinkan.

Peternak harus menyiapkan wadah toples atau gelas plastik dan akuarium kecil untuk cupang jantan. Sementara itu, sasukkan cupang betina ke dalam gelas platsik yang terpisah dari cupang jantan. 

Proses pemijahan ikan cupang bisa menghasilkan ribuan butir telur dan akan menetessekitar 24 jam setelah proses pembuahan selesai. Dan untuk meminimalisir risiko terjadinya kemarian benih, peternak bisa sediakan tumbuhan kayambang.

Penting diketahui peternak bahwa ikan cupang jantan maksimal bisa dikawinkan sebanyak 8 kali. Sedangkan cupang betina hanya bisa dikawinkan satu kali saja. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penurunan keragaman jenis. 

4. Pakan Ikan Cupang

Ikan cupang harus mendapat asupan nutrisi yang cukup sehingga dapat tumbuh kembang dengan baik. Larva nyamuk, kutu air dan cacing sutera bisa menjadi makanan terbaik untuk ikan cupang

Adapun pemberian pakan ikan cupang dianjurkan sebnayak 3 sampai 4 kali dalam sehari secara rutin. Peternak bisa mendapatkan beragam jenis pakan ikan cupang di toko pakan ternak atau mencari sendiri di selokan. Mudah sekali bukan ?

5. Perawatan Ikan Cupang

Tips terkahir agar sukses menjadi peternak cupang ialah tahu bagaimana cara merawat ikan cupang dengan benar. Perawatan ikan cupang bisa dikatakan susah-susah gampang. Peternak hanya perlu menjaga kualitas air dan bersih supaya ikan dapat tumbuh kembang dengan sehat dan mendapatkan warna yang sempurna.

Sebaiknya tempatkan satu ikan cupang dalam satu wadah saja. Sebab menempatkan lebih dari satu ikan cupang jantan dewasa dalam satu wadah akan menyebabkan saling menyerang karena sikapnya yang agresif.

Demikianlah tips yang bisa diterapkan oleh peternak ikan cupang agar bisa menjadi pengusaha yang sukses. Bagaimana ? Sangat mudah dan menarik sekali untuk dipraktekkan bukan ? Semoga cara menjadi peternak ikan cupang yang sukses diatas bisa menginspirasi ya! Jangan lewatkan juga baca artikel tentang cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur untuk memperluas wawasan! Sekian dan terimakasih. 

Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Peternak Ikan Cupang yang Sukses"