Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Ikan Cupang Dewasa yang Sehat

Jenis Makanan Sehat untuk Cupang

Perawatan ikan cupang dalam budidaya bisa dibilang cukup mudah. Ketersediaan pakan yang cukup bisa membuat cupang tumbuh sehat. Namun, bukan berarti cupang bisa makan sembarangan. Ada makanan ikan cupang dewasa yang sehat untuk meningkatkan gizi bagi ikan cupang peliharaan.

7 Jenis Makanan Sehat untuk Cupang Dewasa

Dengan gizi yang baik, tentu saja ikan cupang yang dibudidayakan akan tumbuh kembang dengan baik. Cupang terlihat sehat dengan warna-warnanya yang terlihat lebih cerah dan indah. Hal ini tidak terlepas dari jenis makanan yang dimakan oleh ikan cupang dewasa. Nah, berikut beberapa jenis pakan yang sehat diberikan untuk meningkatkan asupan gizi pada ikan cupang.

1. Kutu Air 

Jenis pakan yang sehat diberikan pada cupang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik untuk ikan cupang. Dengan mengonsumsi kutu air, daya tahan tubuh ikan cupang akan terus membaik dan warna tubuhnya akan lebih menyala indah.

2. Jentik Nyamuk

Salah satu makanan yang paling umum diberikan pada cupang ialah jentik nyamuk. Tidak hanya mudah didapatkan, jentik nyamuk yang kaya protein ini sangat cocok diberikan pada cupang remaja hingga dewasa untuk pertumbuhan tubuhnya. 

3. Cacing Darah

Makanan ikan cupang dewasa yang sehat berikutnya adalah cacing darah. Jenis pakan satu ini menjadi makanan yang sangat bergizi. Diperkaya dengan kandungan proteinnya, cacing darah adalah pilihan makanan terbaik yang dipercaya bisa menghasilkan warna yang lebih indah pada ikan cupang hias.

4. Cacing Sutra

Selain cacing darah, rupanya cacing sutra juga menjadi pilihan makanan favorit bagi ikan cupang. Cacing sutra bisa mudah ditemukan di selokan-selokan atau bisa dibelu dari pedagang-pedagang ikan hias. 

5. Kuning Telur

Pilihan makanan yang sehat untuk ikan cupang berikutnya adalah kuning telur. Makanan ikan cupang satu ini dinilai memiliki nutrisi yang cukup tinggi karena kaya akan protein. Peternak bisa merebus atau mengukus kuning terlebih dahulu sebelum diberikan pada ikan cupang.

Dalam pemberian pakan kuning telur ini, pastikan untuk tidak memberinya tidak terlalu banyak dan sering untuk mencegah adanya sisa-sisa pakan ikan yang mengotori wadah budidaya sehingga berujung pada timbulnya penyakit pada cupang.

6. Burayak Guppy

Burayak guppy atau ikan guppy adalah jenis pakan ikan cupang yang cukup populer. Burayak guppy mengandung nutrisi yang sangat baik sehingga sangat bagus dikonsumsi cupang karena bisa membuatnya lebih cepat berkembang biak.

7. Lalat

Lalat adalah salah satu pilihan makanan yang sehat untuk diberikan pada cupang peliharaan. Tak kalah bernutrisinya dengan jenis makanan lainnya, lalat juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk tumbuh kembang ikan cupang. 

Namun perlu diperhatikan sebelum memberikan pakan lalat kepada cupang untuk membersihkan bagian kepala lalat terlebih dahulu. Selain itu berikan pakan ikan dengan cukup dan tidak berlebihan. 

8. Artemia

Jenis pakan ikan cupang selanjutnya yang tergolong makanan sehat adalah artemia. Merupakan sejenis udah kecil yang hidup di laut, artemia atau nama lainnya brine shrimp ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi sehingga bagus bagi pertumbuhan ikan cupang.

9. Vinegar Eel

Vinegar Eel mungkin terdengar asing di kalangan peternak ikan cupang yang masih pemula. Perlu diektahui bahwa jenis pakan satu ini adalah sejenis belut yang ukurannya sangat kecil. Termasuk pakan alami, vinegar eel cocok menjadi pakan cupang untuk mendukung tumbuh kembang cupang.

10. Insuforia

Jenis makanan sehat yang cocok diberikan untuk ikan cupang yang terakhir adalah insuforia. Termasuk jenis pakan alami yang kini tengah populer dijadikan sebagai pakan cupang, insuforia adalah jenis makanan burayak ikan cupang sehingga bisa dikonsumsi oleh cupang burayak dan cupang dewasa.

Peternak ikan bisa mendapatkan insuforia dengan membudidayakannya sendiri di rumah dengan menggunakan sawi atau kol yang dibusukkan. Nah, sayur sawi atau kol yang telah busuk kemudian direbus dan diperas untuk diambil sarinya.

Kemudian campurkan sari tadi ke dalam toples bersama air dari wadah budidaya dan ampas dari sayur yang busuk tersebut. Barulah diamkan sekitar tiga haru ditempat yang cukup teduh, maka lambat laun akan muncul hewan-hewan kecil berwarna keputihan yang merupakan insuforia.

Demikianlah artikel tentang makanan ikan cupang dewasa yang sehat, yang mendukung pertumbuhan sang cupang. Dari kesepuluh jenis pakan diatas, peternak juga bisa tetap variasikan pakan ikan alami dengan makanan ikan cupang lainnya supaya kebutuhan asupan ikan cupang tetap terpenuhi.


Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Makanan Ikan Cupang Dewasa yang Sehat"