Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Kerugian Ternak Ikan Cupang Yang Perlu Kalian Ketahui

ikan cupang jenis halfmoon yang cantik

Budidaya ikan cupang merupakan satu dari sekian banyak bisnis yang menguntungkan dan memiliki prospek yang menjanjikan karena usaha ini memiliki mencakup pasar yang luas, Tidak hanya anak – anak saja, bahkan orang dewasapun banyak yang memiliki hobi memelihara salah satu  ikan cantik ini. 

Budidaya ikan cupang tidaklah mudah seperti layaknya budidaya ikan konsumsi karena ikan ikan sensitif terhadap perubahan cuaca, suhu air dan keadaan lingkungannya. Jika kalian belum mengetahui tentang cara budidaya ikan cupang, maka kalian bisa membaca Cara Budidaya Ikan Cupang dengan Baik Untuk Pemula

Ikan cupang dapat memberikan keuntungan karena dapat dijual atau dipelihara sebagai hewan hias. Ikan kecil dengan mempunyai ragam warna ini biasanya dibeli oleh anak-anak kecil untuk dipelihara di akuarium mini yang biasa di sebut soliter, plastik dan botol sebagai mainan aduan. Tapi tidak kami sarankan untuk mengadu ikan cupang

Sedangkan untuk orang dewasa, mereka memelihara ikan cupang karena hobi bahkan kebanyakan orang dengan ikan cupang hias mampu mendatangkan keuntungan yang sangat besar, contohnya untuk dijadikan kontes.

Keuntungan dan Kerugian Budidaya ikan Cupang

Setiap bisnis memiliki keuntungan dan kerugian tak terkecuali budidaya ikan cupang yang dibudidayakan sebagai usaha. Jika kita melihat keuntungan dari usaha ikan cupang sangat berpotensi meraup keuntungan yang besar asal kita tahu tentang bagaimana budidaya ikan cupang dan merawatnya. baca juga: Cara Ternak Ikan Cupang Sendiri di Rumah

Jika tidak belajar dari sini bisa jadi kerugianlah yang kalian dapatkan. Langsung saja kita jelaskan di bawah ini apa saja keuntungan dan kerugian budidaya ikan cupang ini.

Keuntungan Bisnis Ikan Cupang

1. Ikan Cupang Tahan Banting

Keuntungan usaha ikan Cupang yang pertama adalah tahan banting, maksudnya bukan ikanya di banting tidak terjadi apa-apa ya, melainkan bisa dipelihara di dalam akuarium tanpa aerator sekalipun, atau dengan kondisi lain, cupang bisa bertahan hidup pada kondisi air yang minim oksigen sekalipun.

2. Keuntungan Tinggi

Bayangkan saja dulu harga jual satu ekor ikan cupang jantan paling murah Rp 5.000 dan ikan cupang betina paling murah Rp. 1.000. Dan misalkan modal bibit yang kita punya Rp 500.000 sudah dapat banyak, tinggal kita menjual eceran dengan varian harga yang berbeda - beda. Jika warna dan ekor ikan cupang unik maka bisa kita jual lebih tinggi lagi. Kebanyakan harga jual ikan cupang mencapai Rp 70.000/ ekor itu sudah siap kawin.

3. Tidak Memerlukan Temppat yang Besar

Jika kita ingin menjualnya keliling maka tidak membutuhkan tempat yang besar, cukup dengan beberapa etalase akuarium mini atau soliter kita bisa menjual atau membuat pangkalan dipinggir jalan bahkan di depan rumah sekalipun. Tidak perlu sewa ruko dan tempat yang luas. 

Inilah salah satu keuntungan usaha budidaya ikan cupang. 

Selanjutnya kita bahas kerugian usaha budidaya ikan cupang

1. Pembeli Musiman

Jika sedang musimnya, banyak orang mencari ikan cupang untuk di jadikan indukan. Tidak perduli tempat yang jauh pembeli akan berdatangan, Tetapi kalau tidak musimnya inilah yang menjadi kerugianya karena tidak setiap hari orang akan membeli ikan cupang.

2. Rawan Pecah dan Setres

Jika kita membuak lapak di pinggir jalan dan target pemasaranya anak-anak tentunya kita akan memikirkan resika akan botol pecah, Namanya juga anak-anak pasti tingkat resiko pecah akan besar.

Jadi untuk menghindari kerugian budidaya ikan cupang hias, di perlukan persiapan dan kesabaran untuk meraih hasil yang maksimal. Ketika sudah masuk musim ikan cupang maka akan memperoleh laba yang sangat banyak dari menjual ikan cupang hias saja


Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Keuntungan dan Kerugian Ternak Ikan Cupang Yang Perlu Kalian Ketahui"