Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membesarkan Burayak Anakan Ikan Cupang Dengan Cepat

gambar burayak ikan cupang

Cara membesarkan burayak anakan ikan cupang dengan cepat suatu keinginan kita setelah melewati proses breeding. Pembesaran anak ikan cupang merupakan kelanjutan dari sebuah hasil pemijahan, maka dari itu harus dilakukan dengan cermat dan teliti. Jika kalian belum mengerti kalian bisa membaca : cara budidaya ikan cupang dengan mudah untuk pemula

Ok kita lanjut baca artikel ini, Sebelum melakukan breeding tentu kalian sudah melakukan persiapan. Kadang timbul pertanyaan apa saja yang dibutuhkan ketika anak ikan cupang sudah menetas?. Biasanya kita siapkan peralatan seperti wadah, pakan dan alat-alat perlengkapan lainhya sebelum memulai breeding. Setelah perlengkapan siap selanjutnya simak cara berikut :

Cara Membesarkan Burayak Ikan Cupang

Jika sepasang ikan cupang sudah selesai kawin, segera mungkin angkat induk betinanya, yang bertugas menjaga telur sampai menetas adalah indukan jantan.

Apabila burayak sudah dapat berenang sendiri dengan bebas, angkat induk jantan dan pisahkan di dalam soliter pengobatan atau soliter karantina. Setelah kurang lebih 7 hari, induk jantan bisa di dikawinkan kembali.

Burayak yang masih umur 2 sampai 3 hari tidak usah memberi pakan karena sudah ada cadangan kuning telur dalam tubuhnya, yang cukup sampai 3 hari.

Pembesaran burayak dengan cepat sangat mudah, tetapi tidak sedikit juga yang gagal. Jangan sampai  anak ikan yang sudah menginjak dewasa mati semua karena salah dalam perawatanya.

Memberi Tanaman Air

Memberi tanaman air di dalam wadah pemijahan dapat membantu menambah sedikit infusoria secara alami bagi burayak.

Infusoria adalah bahasa global untuk sekelompok makhluk air seperti ciliates, euglenoid, protozoa, alga uniseluler dan invertebrata kecil pada kolam air tawar.

Infusoria merupakan jenis makhluk hidup yang berada di air dengan ukuran yang sangat kecil atau mikro. Karena ukuranya yang sangat kecil itulah yang jadi makanan burayak (anakan ikan) setelah melewati 3 hari.

Setelah burayak bisa berenang sendiri, secara naluri alami mereka akan berburu makanan, dan menyerang sesuatu yang bergerak.

Pergantian Air

Selalu pantau keadaan air jika air kotor lakukan penggantian air dengan dengan standar 30%, dengan cara membersihkanya menggunakan selang. Sedot untuk membersihkan kotoran / sisa-sisa pakan yang berada di dasaran.

Setelah bersih, tambahkan air baru yang sudah di endapkan secara perlahan. Pergantian air baru akan membuat hormon anak ikan untuk agresif, dan supaya lebih nyaman.

Untuk mengurangi pertarungan kalian bisa menggunakan tempat yang lebih besar, dan bisa juga meletakkan tanaman air atau bisa juga menggunakan serabut tali plastik atau rafia.

Tahapan-Tahapan Membesarkan Burayak

Burayak Umur 3-4 Hari

Pada saat burayak sudah mencapai umur 3-4 hari, kalian dapat memberinya pakan vinegar eels.

Vinegar eels adalah pakanan anak ikan bisa dibeli di toko ikan, pasar, atau secara online. Gerak dan bentuk vinegar eels yang kecil akan menarik minat burayak untuk memangsanya.

Alternatif pakan burayak lainya yaitu infusoria, rotifera atau micro worms.

Burayak Umur 1 Minggu

Setelah burayak menginjak umur 1 minggu dapat diberi pakan kutir atau kutu air saring atau BBS (Baby Brine Shrimp)/Artemia yang telah dikultur sebelumnya.

Burayak Umur 3 Minggu

Pemberian kutu air dan Artemia bisa dilakukan sampai umur 3 minggu, dapat juga diberi kombinasi dengan cacing tubifex sp., chironomus sp., ataupun vinegar eels karena biasanya pertumbuhan burayak tidak samam, ada yang besar dan ada juga yang masih kecil.

Burayak Umur 5 Minggu

Pada usai burayak 5 minggu biasanya sudah siap untuk dilakukan penyortiran untuk dipindahkan pada tempat yang lebih besar. Pada fase ini porsi pemberian pakan lebih banyak dan lakukan pergantian air secara rutin.

Pada usia 4 hingga 5 minggu anak ikan cupang mulai terbentuk organ labyrinth dan mereka berada ke permukaan air untuk bernafas langsung dari udara.

Burayak Umur 6 Minggu

Setelah anak ikan umur 6 minggu pemberian pakan mulai bervariasi, bisa di kasih kutu air, jentik nyamuk, dan bloodworm.

Perlu di ingat bahwa setiap kali memberi pakan usahakan jangan sampai berlebihan. Jika pakan berlebihan akan membuat air cepat kotor, dan jika pakan kurang, burayak anak ikan juga lambat perkembangannya.

Anak Ikan Umur 7 Minggu

Anak ikan umur 7 hingga 8 minggu sudah dapat di bedakan jantan atau betina.

Anak Ikan Umur 10 Minggu

Anakan ikan cupang yang sudah  berumur 10 hingga 12 minggu dapat di kelompokan berdasarkan kelas A, B, atau C. pisahkan mereka karena diantaranya memiliki nilai jual berbeda.

Pilih anak ikan cupang berkualitas super, tempatkan pada akuarium terpisah supaya tidak bertarung. Jika sudah kalian bisa membaca : Keuntungan dan Kerugian Ternak Ikan Cupang

Demikian cara pembesaran burayak atau anak ikan cupang dengan cepat sampai siap jual, dengan mengikuti metode diatas dengan begitu kalian akan mendapatkan gambaran supaya tidak menjadi penyesalan karena ternak ikan cupang gampang-gampang mudah


Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Cara Membesarkan Burayak Anakan Ikan Cupang Dengan Cepat"