Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Ternak Hewan Untuk di Jadikan Penghasilan Sampingan

Ternak Ikan Hias

Di masa pandemic seperti ini membuat kebanyakan orang mengalami PHK besar-besaran yang mengakibatkan hilangnya mata pencaharian. Solusi untuk menghadapinya dengan membuka usaha sendiri di rumah. Banyak ide-ide usaha yang bisa anda coba salah satunya beternak hewan. Berikut ini akan kami ulas mengenai ide ternak hewan untuk di jadikan penghasilan sampingan. 

Ide Ternak Hewan Untuk di Jadikan Penghasilan Sampingan

Hewan apa saja yang bisa menjadi penghasilan di masa pandemic seperti sekarang ini? Banyaknya hewan yang bisa menjadi omset setiap perorangan pasti berbeda. Hal ini karena, setiap orang memiliki keahlian yang berbeda pula. Untuk itu, beberapa hewan dibawah ini bisa menjadi ide ternak hewan karena setiap bulan trafik penghasilan selalu meningkat. 

A. Ternak ikan hias

Ternak ikan hias merupakan jalur mudah yang bisa anda pilih. Perawatannya tidak susah, lahan yang di butuhkan tidak banyak, modal untuk membeli benih ikan hias cukup murah dan anda hanya perlu memberinya makan secara rutin. Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Cupang dengn Mudah Untuk Pemula

Untuk memeliharanya anda tidak perlu menggunakan air laut, karena sudah banyak ikan hias yang hidup di air tawar yang akan memudahkan anda dalam budidayanya. Jenis ikan hias mulai dari cupang, ikan koi, ikan mas koki, ikan lohan dan masih banyak lainnya.

B. Ternak ikan konsumsi

Ikan konsumsi termasuk kategori ikan yang bisa di konsumsi. Ternak ikan konsumsi memiliki minat pasar yang tinggi, di jamin pasti laku. Jika anda tidak punya lahan yang luas, anda bisa membuat kolam sederhana seperti kolam terpal. 

Benih-benih ikan yang anda beli jika di kembang biakkan akan menghasilkan berkali-kali lipat ikan. Jadi keuntungan yang anda dapatkan pun maksimal. Jenis ikan konsumsi yang bisa jadi Ide Ternak Hewan Untuk di Jadikan Penghasilan Sampingan yaitu ikan lele, ikan gabus, ikan mas, ikan nila, ikan mujaer, dan ikan-ikan konsumsi lainnya.

C. Ternak ayam

Ternak ayam memang sudah menjadi hal yang umum dan sering ditemukan di pekarangan rumah yang tinggal di pedesaan. Perawatan ternak ayam cukup mudah, anda hanya membeli ayam sepasang atau beberapa pasang dan di rawat hingga betelur. Nantinya telur-telur yang di hasilkan ayam akan menjadi tabungan anda untuk membesarkannya. 

Pakan ayam juga tidak mahal dan mudah di temukan di pasar penjual pakan hewan. Ayam ternak yang bisa anda piara seperti ayam broiler, ayam kampung bahkan ayam yang unik sekalipun seperti ayam ketawa, ayam kate, ayam cemani dan jenis ayam lainnya.

D. Ternak burung

Ternak burung menjadi salah satu alternatif untuk di kembangkan sebagai ide ternak hewan untuk di jadikan penghasilan sampingan. Burung yang banyak peminatnya untuk di ternak adalah burung hias seperti lovebird, burung perkutut, burung jalak, cucak ijo, murai, dan yang lainnya. 

Lebih bagus lagi jika burung ternak yang memiliki kicauan merdu. Untuk burung yang langka, anda memerlukan izin dari BKSDA untuk di ternakkan. Ternak burung membutuhkan modal yang cukup, namun hasil yang bisa anda dapatkan sangat menguntungkan.

E. Ternak hewan kecil sebagai pakan ternak lain

Ternak hewan kecil ini maksudnya hewan seperti serangga semut kroto, jangkrik, ataupun cacing yang gunanya sebagai pakan hewan ternak utama yang lain. Kroto dan jangkrik bisa di jadikan makanan burung. 

Sedangkan cacing bisa jadi pakan untuk umpan ikan. Ternak hewan-hewan kecil ini tidak membutuhkan banyak dana, dan bibitnya mudah di temukan di sekitaran lingkungan anda. Anda bisa menjualnya ke pasaran dengan harga yang terjangkau.

Itulah pembahasan mengenai Ide Ternak Hewan Untuk di Jadikan Penghasilan Sampingan. Beternak hewan sudah menjadi hal yang umum yang berguna untuk menambah penghasilan tambahan anda. Jika di lakukan dengan telaten, beternak hewan bisa menjadi penghasilan utama anda. Baca Juga : Cara Menjadi Peternak Ikan Cupang yang Sukses

Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk " Ide Ternak Hewan Untuk di Jadikan Penghasilan Sampingan"