Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah yang Menjanjikan

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah yang Menjanjikan
Usaha Kuliner Makanan yang Menjanjikan

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah yang Menjanjikan. Kalian pernah mendengar kata usaha mikro, kecil dan menengah yang biasa disingkat dengan UMKM?, jika belum akan kami jelaska sedikit tentang apa itu UMKM, UMKM merupakan jenis usaha yang sedang naik daun, sekarang ini dukungan pemerintah pada usaha ini yang cukup besar. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai arti yang luas.

Sesuai dengan Kepres RI No. 19 tahun 1998, UMK adalah “Kegiatan ekonomi kerakyatan yang berskala kecil, dengan bidang yang mayoritas dalam skala kecil sehingga perlu dilundungi agar mencegah dari persaingan yang tidak sehat”. 

Menurut pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya UMKM adalah usaha kecil yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok individu.

Walaupun usaha mikro kecil dan menengah ini tergolong dalam kelompok usaha kecil, jangan menganggap remeh keuntungan yang di dapat dari usaha jenis ini. Selain terlibat dalam penyumbang terbesar devisa negara, UMKM juga memberikan keuntungan yang menggiurkan untuk pendirinya. 

Pelaku usaha UMKM ini adalah pelaku bisnis yang paling banyak di minati untuk kalangan pasar. Berikut ini akan kami beritahu UMKM apa saja yang berpotensial untuk di kembangkan pada tahun 2021.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang Potensial

1. Usaha Kuliner

Siapa yang tidak suka dengan kuliner? Tentu semua orang suka bahkan di jadikan hobi untuk wisata kuliner. Semua manusia tidak bisa hidup tanpa makanan, oleh karena itu makanan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. 

Melihat antusias manusia dalam hal kuliner membuat bisnis kuliner saat ini sedang popular, apalagi pada usaha mikro kecil dan menengah ini. 

Devisa negara banyak di peroleh dari usaha UMKM ini, misalnya keripik Nangka, lalu ada usaha Sang Pisang kepunyaanya anak Presiden Jokowi, ada juga bisnis makanan salad buah yang sekarang sedang tren di kalangan masyarakat, ada lagi tahu walik, tahu crispy, dan lain sebagainya.

2. Usaha Mikro bidang Pendidikan

Usaha mikro kecil dan menengah selanjutnya yang potensial dan bisa memberikan keuntungan besar adalah usaha dalam bidang Pendidikan. Yang perlu kalian ketahui bahwa Pendidikan saat ini menjadi minat banyak orang, terlebih orang tua bagi anak-anaknya. Dengan cara bagaimana mereka biasanya memberikan tambahan pembelajaran bagi anak-anaknya?

Betul. Dengan mengikuti les tambahan, baik itu les privat atau les bimbingan belajar di Lembaga bimbingan belajar. Anda bisa memulai usaha mikro dengan membuka jasa les privat atau bimbingan belajar. Anda bisa membuka pembelajaran dari rumah kalian, tetapi jika anda tidak memiliki tempat atau belum memiliki modal untuk menyewa tempat pembelajaran kalian bisa mendatangi rumah siswanya. baca juga : Cara Memulai Usaha Bimbel Rumahan

Kami berikan contoh UMKM yang sudah terlebih dahulu sukses adalah Ipiems, Primagama, Ganesha Operation, ILP (Indonesian Language Program) dan yang lain sebagainya. Saya yakin anda pasti bisa juga menyusul UMKM di bidang Pendidikan tersebut.

3. Usaha Mikro di bidang Fashion

Yang Terakhir adalah usaha mikro kecil dan menengah di bidang fashion. Tentunya setiap orang ingin tampil fashionable. Dan banyak dari mereka yang tidak memperhitungkan biayanya dan rela merogoh sakunya untuk membeli fashion branded seperti tas, baju, celana, jilbab dan yang lainnya. 

Salah satu UMKM yang sukses adalah Rabbani, Dannis dan lainya, UMKM yang menjual pakaian muslim yang terkemuka. Tidak heran jika dulu harganya terjangkau dan sekarang harganya bisa sampai ratusan ribu karena brandnya sudah terkenal. Contoh UMKM lainnya adalah Elisabet, produsen fashion wanita lokal yang sekarang sudah terkenal.

Jika UMKM-UMKM di atas bisa meraih kesuksesan, maka anda juga bisa juga menciptakan usaha mikro kecil dan menengah anda sendiri dan bisa mendulang kesuksesan juga, bukan? Masih mau mikir apa lagi? Raihlah kesuksesan anda mulai dari usaha kecil anda yang akan jadi besar.

Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah yang Menjanjikan"