Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Usaha Bimbel Rumahan

cara promosi bimbel rumahan
Bisnis bimbingan belajar

Cara memulai usaha bimbel rumahan ternyata sangat mudah di lakukan oleh semua orang, dan tidak membutuhkan modal yang banyak.

Sebenarnya dengan uang sekitar Rp200.000 saja kalian dapat membangun usaha jasa bimbel rumahan yang berkualitas unggul.

Karena sebenarnya yang kalian butuhkan yaitu cuma sebuah kuota internet dan smartphone untuk mempromosikan bimbel rumahan kalian.

Tetapi jika kalian ingin mengenalkan bimbel rumahan yang kalian lakukan di media cetak, cara ini akan membutuhkan tambahan biaya, tapi tidak terlalu banyak juga. Karena yang kalian butuhkan cuma sebuah brosur berukuran folio di bagi 4.

Untuk membuat brosur itu sendiri hanya butuh biaya sekitar Rp100.000 sudah jadi banyak tinggal di sebar.

Jika kalian kepo tentang bagaimana cara memulai usaha bimbel rumahan agar cepat dikenal oleh orang lain. Kalian bisa menjalankan trik berikut di bawah ini

Cara Sukses Mendirikan Bimbel Rumahan

Berpengalaman Mengajar Les Privat

Kalau kita ingin membuka lembaga les privat sendiri kita sebelumnya harus pernah berkecimpung di sana, minimal pernah mengajar dan dapat pengalamanya.

Kita harus mengetahui bagimana konsep lembaga tersebut mempromosikan jasa les tersebut.

Kalau kalian tidak mepunyai pengalaman belajar mengajar maka kalian akan menempuh kesulitan untuk membuat gambaran bimbel rumahan ingin kalian bangun.

Jika ingin membuat Bimbingan belajar di rumah sebaiknya kalian mencari pengalaman terlebih dahulu selama satu tahun di lembaga bimbingan belajar resmi.

Membuat Brand Untuk Usaha Bimbel

Kalian bisa membuat logo untuk mempromosikan brand bimbingan belajar rumahan kalian.

Buat logo yang menarik dan mudah di mengerti. Kalian juga bisa menggunakan nama yang elegan supaya terlihat profesional.

Cara Memulai Usaha Bimbel Rumahan dengan Promosi

Setelah Logo Kalian sudah selesai dibuat. Setelah itu yang harus kalian kerjakan adalah buat akun sosial media untuk mempromosikanya.

Misalkan : Facebook, Instagram, Twitter, dan forum Pendidikan lainya.

Setelah kalian membuat akun sosial media Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah dengan posting secara rutin brosure, logo, atau keterangan jasa yang ingin kalian berikan.

Buat feed di dalam Instagram semenarik mungkin agar terlihat profesional. Selain itu hal yang wajib kalian siapkan selanjutnya adalah membuat pesan siaran seputar jasa yang kalian buat.

Kalian bisa bagikan broadcast kalian ke Whatsapp, Twitter, Instagram, YouTube, Facebook dan media sosial lainnya.

Isi dari broadcast tersebut bisa berupa profil dari bimbel rumahan yang kalian miliki. Selain itu masukan kelebihan dan kekurangan jika ada seseorang ingin mengikuti bimbel rumahan kalian.

Intinya kalian harus bisa membuat broadcast yang menarik dan bisa membuat seseorang tertarik dengan bimbel yang Kalian bangun.

Promosi Dari Mulut ke Mulut

Promosi dari mulut ke mulut masih berkaitan dengan poin yang pertama sebelumnya. Keuntungan dari Kalian mengikuti lembaga bimbingan resmi terlebih dahulu yaitu kalian bisa mencari dan mengajak klien yang nanti bisa kalian jadikan target.

Misalnya kalian mempunyai murid di lembaga bimbingan resmi, Kalian dapat mengajak orang tua siswa tersebut untuk mengikuti bimbingan yang kalian buat.

Lakukan pendekatan dengan orang tuanya, buat dia merasa yakin dengan kemampuan diri Kalian. Lalu tawarkan jasa bimbingan belajar rumahan kalian.

Ketika kalian sudah mendapatkan 1 orang murid. Berikan pengajaran yang terbaik agar murid kalian sukses.

Nah dari orang tua murid tersebut kalian tidak akan tinggal diam jika anaknya berhasil. Pasti akan menceritakan kepada orang lain atau tetangga misalnya.

Kemudian Usaha Blimbing belajar rumahan yang kalian buat akan menjadi terkenal oleh banyak orang. Dan bisa mendapatkan murid baru yang lebih banyak lagi

Promosi Bimbel Rumahan dengan Membuat Brosur atau Flayer

Menggunakan brosur atau pamphlet adalah cara promosi bimbel rumahan yang paling efektif.

Langkahnya sangat mudah, kalian buat sebuah brosur berukuran folio dibagi 2.

Buat sebanyak mungkin atau jika modal kalian minim kalian bisa menyesuaikan kebutuhan.

Kemudian sebarkan brosur yang kalian buat ke tempat sekolah sesuai dengan kriteria bimbel yang kalian buat.

Misalkan Kalian membuat bimbel rumahan untuk anak SMP atau SMA. Nah target yang kalian tentukan adalah sekolah sekolah dengan jenjang SMP maupun SMA.

Kalian bisa menawarkannya kepada orang tua siswa yang lagi menjemput anaknya. Atau membagikanya kepada siswa yang bersekolah di SMP atau SMA tersebut.

Cara Memulai Usaha Bimbel Rumahan dengan Mempersiapkan Konsep Bimbel

Konsep bimbel yang kami maksud disini adalah cara kerja lembaga bimbingan belajar yang kalian buat.

Misalnya kalian sebagai guru les harus mendatangi murid Kalian atau murid kalian yang datang ke lembaga bimbingan belajar rumahan kalian

Selain itu, Kalian juga harus menentukan biaya les privat yang kalian buat. Misalnya untuk 1 jam pelajaran Kalian kenakan biaya sebesar Rp25.000 atau Rp35.000 sesuai dengan kemampuan kalian.

Sebagai masukan untuk awal-awal pembukaan jasa bimbel rumahan ini. Kalian jangan menarif biaya yang terlalu mahal.

Yang paling penting saat ini adalah kalian bisa dapat murid yang mau belajar di lembaga bimbingan kalian.

Jika jasa tersebut semakin meningkat, baru kalian bisa menaikkan biaya secara bertahap untuk belajar di bimbel rumahan kalian.

Itulah beberapa cara memulai usaha bimbel rumahan. Ambil yang menurut kalian paling bermanfaat.

Jangan takut untuk memulai sebuah bisnis usaha, Jika Kalian sudah terjun ke usaha bimbingan belajar dirumah, Saatnya kalian untuk telaten dan ulet.

Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Usaha Bimbel Rumahan"