Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ikan Cupang Siap Kawin yang Wajib di Ketahui

Ciri Ikan Cupang Betina Siap Kawin
Ikan Cupang Betina Siap Kawin

Keberhasilan dalam budidaya ikan cupang didasarkan oleh banyak faktor. Salah satunya yaitu pengetahuan tentang ciri ikan cupang siap kawin, baik betina maupun jantan. Penasaran apa saja ciri-ciri ikan cupang yang siap memijah ? 

3 Ciri Ikan Cupang Betina Siap Kawin

Ikan cupang betina yang siap dikawinkan memiliki ciri-ciri tertentu. Peternak harus bisa melihat dengan jeli apakah ikan cupang yang dipelihara sudah siap dipijahkan atau belum. Sebab jika tidak, keberhasilan budidaya ikan cupang akan jauh dari harapan. Nah, berikut 3 ciri cupang betina yang siap kawin.

Umur Ikan Cupang Betina

Salah satu faktor yang paling mendukung keberhasilan dalam budidaya ikan cupang, yakni umur dari ikan cupang tersebut. Sebab, jika umur ikan cupang yang akan dipijahkan masih jauh dibawah usia kematangan siap pijah, akan menjadikan burayak kurang optimal. 

Ikan cupang yang dipijahkan namun belum cukup umur, bisa menjadikan burayak yang dihasilkan tidak bisa bertahan hidup. Selain itu bisa juga berpengaruh pada segi kesehatan burayak.

Lantas, berapakah umur ikan cupang betina yang ideal untuk bisa dipijahkan ? Umumnya, cupang betina yang siap kawin memasuki usia 5 bulan atau lebih. 5 bulan termasuk umur yang sudah dewasa. Dalam masa usia tersebut, ikan cupang sudah memiliki telur yang banyak dan tentu akan mudah untuk dikawinkan.

Ikan cupang betina yang berusia 5 bulan keatas sudah tidak butuh banyak cara bagi ikan cupang jantan untuk menaklukkannya. Kedewasaan ikan cupang betina sangat dibutuhkan selama proses pemijahan berlangsung.

Lalu, bagaimana ciri-ciri ikan cupang betina yang sudah berumur 5 bulan lebih ? Ada banyak cara yang bisa dilakukan peternak, cara pertama yaitu bertanya pada penjual ikan cupang. Biasanya penjual ikan hias mengetahui umur ikan yang dijualnya.

Umumnya, peternak ikan cupang akan menjual ikan budidayanya saat cupang sudah berusia 3 bulan atau lebih. Jika ragu-ragu dengan umur ikan cupang tersebut, bisa rawat duluikan cupang selama 1-2 bulan sebelum dikawinkan.

Telur yang Ada di Dalam Perut Cupang Betina

Ciri ikan cupang siap kawin yang kedua ialah adanya telur di dalam perut ikan cupang betina. Faktor satu ini cukup penting diperhatikan sebelum mulai mengawinkan ikan cupang. Jangan terjebak dengan kondisi perut ikan cupang betina yang terlihatbuncit atau besar yang diperkirakan adalah telur.

Perlu diketahui bahwa secara naluri dan kebutuhan, ikan cupang betina cenderung lebih banyak makan jika dibandingkan ikan cupang jantan. Bahkan cupang betina mampu menghabiskan 100 ekor lebih jentik nyamuk.

Itulah mengapa besar tidaknya perut ikan cupang betina bukanlah suatu ukuran adanya telur di dalam perut. Nah, jika ingin mengetahui dengan jelas apakah perut yang buncit itu berisi pakan atau telur, maka peternak bisa puasakan ikan dalam sehari saja.

Jika kondisi perut ikan yang dipuasakan masih tetap buncit, maka itu berarti memang ada terlur di dalamnya. Dan ternyata jika terjadi penyusutan yang drastis dalam waktu sehari, maka itu adalah pakan.

Peternak bisa ketahui ikan cupang betina yang siap kawin dengan perutnya yang penuh dengan telur dengan ciri adanya titik putih di bawah perut ikan yang semakin menonjol. Selian itu, untuk ikan cupang yang berwarna gelap biasanya akan menampakkan garis-garis memudar (putih) berbentuk horizontal di daerah perut tersebut.

Jika umur cupang betina yang sudah matang dengan perutnya yang dipenuhi dengan telur, maka dalam hitungan jam saja, ikan cupang yang disatukan akan kawin.

Faktor Kesehatan

Sebenarnya, faktor kesehatan bukanlah bagian dari ciri-ciri ikan cupang betina yang siap kawin. Melainkan, faktor kesehatan adalah hal yang paling penting diperhatikan sebelum peternak mengawinkan ikan cupang betina dan jantan.

Kegagalan dalam budidaya dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya ialah kesehatan ikan cupang itu sendiri. Sebab banyak kasus ikan cupang jantan yang mati setelah dpijahkan. Hal ini dikarenakan ikan cupang tersebut memiliki kondisi kesehatan yang kurang fit.

Ikan cupang betina yang kondisi kesehatannya menurun pun akan merasa enggan jika dikawinkan atau bahkan tidak mau kawin. Banyaknya telur yang dihasilkan pun juga karena faktor kesehatan ikan cupang yang dipijahkan ini.

Nah, itulah dia ciri ikan cupang siap kawin yang penting diketahui oleh peternak cupang. Supaya proses budidaya berjalan lancar, lakukan proses pemijahan sesuai dengan prosedur dengan melihat kesiapan induk yang akan dikawinkan. Selain itu peternak juga perlu memiliki penegtahuan tentang rumus breeding ikan cupang terbaik agar budidaya ikan cupang membuahkan hasil yang maksimal.

Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Ciri Ikan Cupang Siap Kawin yang Wajib di Ketahui"