Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Burayak Ikan Cupang yang Bagus

Makanan Burayak Ikan Cupang

Belakangan tahun ini, penggemar ikan cupang semakin marak saja. Begitupula dengan peternak cupang yang membudidayakannya. Tak jarang para breeder cupang pemula, sering mempertanyakan apa saja makanan burayak ikan cupang agar burayak bisa bertahan hidup ?

Jenis Makanan Burayak Ikan Cupang

Apa saja sih pakan yang tepat untuk burayak ikan cupang ? Mungkin tidak semua peternak ikan cupang mengetahuinya. Penting diketahui bahwa burayak cupang perlu mendapat asupan makanan yang tepat saat berumur 2 minggu.

Mengapa demikian ? Jika burayak cupang mendapat asupan makanan yang tepat, maka persentase untuk bertahan hidup besar. Sementara jika burayak mendapat asupan pakan yang tidak sesuai dengan usianya, maka ia tidak dapat bertahan lama. Nah, berikut adalah beberapa jenis makanan yang cocok untuk diberikan pada burayak cupang.

1. Pemilihan Pakan yang Cocok untuk Burayak

Burayak cupang yang memiliki usia sekitar 0-2 minggu harus mendapat perhatian penuh akan asupan gizi yang didapatinya. Pemilihan pakan menjadi salah satu faktor penentu dalam melewati fase kritis 2 minggu awal bagi burayak cupang.

Tak jarang banyak breeder cupang pemula yang masih kebingungan dalam pemberian pakan bagi burayak dalam usia rentan tersebut. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis pakan hidup dan pakan bubuk yang cocok diberikan untuk burayak cupang yang berumur antara 0-2 minggu.

2. Kutu Air

Pakan hidup adalah pilihan untuk pakan burayak cupang yang sehat untuk dikonsumsi. Salah satu jenisnya ialah kutu air. Makanan burayak ikan cupang satu ini termasuk jenis pakan yang sangat baik untuk burayak dan keberlangsungan hidupnya.

Sebaiknya pilih kutu air yang ditandai dengan warna kemerahan cerah dan gerakannya lincah. Peternak bisa mendapatkannya dengan cara menyaringnya terlebih dahulu supaya memperoleh kutu air yang halus. 

Kutu air bagus menjadi pilihan makanan bagi breeder cupang sebab pakan satu ini mampu bertahan hidup dalam media selama 24 jam. Gerakannya yang lincah bisa melatih burayak cupang untuk bergerak saat mengejarnya.

3. Artemia

Artemia adalah jenis pakan hidup yang berbentuk seperti udang kecil berwarna orange kemerahan. Ia memiliki permukaan yang lebih halus dan lebih kecil jika dibandingkan dengan kutu air. 

Jenis pakan satu ini mampu bertahan hidup di air tawar selama kurang lebih 2 jam sebelum mati. Artemia hidup berkumpul dan bergerak memutar, yang memancing burayak cupang untuk mengejarnya dan memakan artemia tersebut.

Bagi peternak yang ingin memberi pakan burayak cupang berupa artemia, berikan secukupnya saja supaya tidak mengotori wadah budidaya. Sebab, sisa-sisa pakan yang menumpuk akan menjadi kotor dan bau sehingga menyebabkan biang penyakit.

4. Microworm

Jenis pakan hiudp berikutnya yang cocok diberikan pada burayak ikan cupang adalah microworm. Merupakan sejenis cacing renik yang berbentuk seperti cacing halus, microworm adalah pakan yang baik dan sehat untuk buarayak.

Micorworm hidup bergerak di dasar air sehingga menjadikan jenis makanan satu ini tidak begitu efektif untuk burayak cupang. Walaupun demikian ada sebagian burayak yang tinggal didasar saja yang bisa memakannya. Karena ukuran microworm yang kecil sangat cocok jika diberikan pada burayak cupang berumur di bawah 2 minggu.

5. Infusoria

Infusoria termasuk jenis pakan hidup untuk burayak yang sehat dikonsumsi. Merupakan sejenis infusi dari sayuran berbentuk seperti lapisan awan mengapung di bagian permukaan air, infusoria bisa diberikan pada burayak dengan menempatkannya di wadah budidaya.

6. Pakan Burayak Berbentuk Bubuk

Selain pakan hidup, ada pula jenis pakan untuk burayak cupang yang berbentuk bubuk. Salah satunya adalah tepung pelet. Tepung pelet yang mengambang di permukaan air ini bisa dimakan dengan mudah oleh buarayak, namun peternak pun harus memberikannya secara sedikit-sedikit

Sebab, pakan yang berbentuk bubuk ini jika tidak dihabiskan akan menjadi sumber ketidak seimbangan ekosistem air. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan kuantitas pemberian pakan agar tidak menimbulkan pembusukan dan penyakit.

Itulah beberapa jenis makanan burayak ikan cupang yang bisa peternak berikan 2 kali dalam sehari. Berilah pakan secukupnya saja dengan tujuan untuk menjaga kualitas air agar tetap jernih. Peternak juga harus ketahui bagaimana cara merawat ikan cupang yang benar untuk meminimalisir risiko terjadinya kematian pada cupang. 


Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Makanan Burayak Ikan Cupang yang Bagus"