Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Gampang Mati

Cara Merawat Ikan Cupang

Ikan cupang termasuk ikan hias yang cukup populer di kalangan masyarkat saat ini. Di tengah situasi pandemi covid 19, banyak masyarakat yang mulai tertarik membudidayakan ikan hias ini dirumah. Cara merawat ikan cupang yang tergolong mudah pun membuat peternak ikan hias semakin memburu ikan cupang untuk dijadikan ladang berbisnis.

8 Cara Praktis Merawat Ikan Cupang

Siapa bilang memelihara ikan hias membutuhkan banyak biaya ? Tidak juga. Cara perawatannya yang tidak terlalu sulit tidak mengeluarkan banyak budget, namunbutuh ketekunan supaya budidaya ikan cupang dapat berhasil maksimal. Berikut 8 cara praktis dalam merawat ikan cupang yang penting diketahui.

1. Memlih Wadah Budidaya yang Tepat

Dalam budidaya ikan cupang, sebenarnya bebas memilih jenis wadah budidaya yang akan digunakan. Ikan cupang bisa dipelihara dalam wadah akuarium, toples atau lainnya dengan ukuran yang leluasa. Pilih wadah budidaya yang ukurannya sesuai dengan ikan yang dipelihara.

2. Memperhatikan Volume Air

Cara merawat ikan cupang yang kedua ialah dengan memperhatikan sebanyak apa volume air pada wadah budidaya. Jika menggunakan akuarium sebagai wadahnya, maka sebaiknya isi air sekitar 40 % untuk menghindari cupang peliharaan tidak lompat keluar dari wadah.

3. Masukkan pada Wadah Baru dengan Cara yang Benar

Bagaimana cara memasukkan ikan cupang pada wadah yang baru ? Rupanya ada trik khusus yang perlu diketahui supaya ikan tidak mati. Sebaiknya jangan mengganti air keseluruhan, melainkan dengan mencampur air lama dengan yang baru. Hal ini bertujuan supaya ikan cupang dapat beradaptasi dengan suasana baru sehingga ikan tidak mudah stress.

4. Mengganti Air Wadah Budidaya

Sebelum mengganti air yang baru, terlebih dahulu pindahkan ikan cupang ke dalam wadah penyimpanan sementara. Dalam perawatan ini, sebaiknya bersihkan wadah dari kotoran dan lendir-lendir yang menempel supaya ikan tidak cepat mati.

Hindari membersihkan wadah budidaya dengan deterjen karena bisa meracuni ikan cupang. Bersihkan dengan spons hingga bersih lalu isi air. Tunggu beberapa saat kemudian hingga suhu air sudah sesuai dengan suhu kamar. Terakhir, barulah masukkan ikan cupang dengan perlahan.

5. Mengenali Jenis Air untuk Ikan Cupang

Menegnali jenis air untuk ikan cupang sangat penting diperhatikan. Sebaiknya, ikan cupang dipelihara dengan menggunakanair dari suur atau PAM yang telah diendapkan terlebih dahulu selama kurang lebih 24 jam. Namun lebih bagus lagi jika lebih dari 24 jam, sebab ikan cupang yang asalnya hidup di air tawar ini seakan jadi habitat aslinya sehingga membuat ikan cupang lebih nyaman.

6. Tidak Menggunakan Aerator

Perawatan ikan cupang bisa dibilang cukup mudah, tidak seperti perawatan ikan hias lainnya, ikan cupang cukup dibersihkan wadah budidayanya dengan rutin mengganti air. Tidak perlu menggunakan aerator, ganti air setiap 3 kali sehari sudah cukup.

7. Pemberian Pakan

Bagaimana cara pemberian pakan ikan cupang ? Adapun jenis makanan sehat yang diberikan pada cupang dapat berupa kutu air, pelet kecil atau cacing sutera. Frekuensi pemberian pakan cukup sehari sekali dan diberikan secara bertahap. 

Penting diingat bahwa dalam pemberian pakan sebaiknya hindari memberi makanan terlalu banyak, sebab jika terdapat sisa-sisa pakan yang tidak habis dimakan, bisa mengotori wadah budidaya dan menjadi pemicu timbulnya penyakit.

8. Menjemur Ikan

Tips terakhir merawat ikan cupang supaya bisa tumbuh kembang dengan baik yaitu dengan menjemur cupang di bawah terik sinar matahari. Hal ini dilakukan dengan tujuan membunuh bakteri dari jamur yang ada pada wadah ataupun yang melekat pada kulit ikan cupang. Sebaiknya jemur ikan cupang di waktu pagi hari sekitar pukul 08.00-10.00 selama kurang lebih 30 menit dalam waktu seminggu sekali.

Itulah dia 8 cara merawat ikan cupang yang mudah sekali dipraktekkan. Budidaya ikan cupang dirumah bisa dengan mudah dilakukan oleh siapa saja karena perawatannya pun tidak sulit. Semoga dengan artikel kali ini bisa membantu pembudidaya yang masih pemula untuk merawat ikan cupang. Dapatkan informasi lainnya tentang ciri ikan cupang siap kawin di artikel selanjutnya ya!


Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Gampang Mati"