Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Jualan Kue Kering Kiloan Lebaran

aneka usaha kue kering lebaran

Kue kering lebaran merupakan bisnis yang menjanjikan, apalagi pada saat menjelang Lebaran. Kue kering menjadi bagian pelengkap suguhan yang tidak bisa ditinggalkan. Di samping harganya yang sangat terjangkau, kue kering lebaran mempunyai bermacam-macam varian rasa. Tak heran jika kue yang mempunyai bentuk cantik ini sangat di sukai oleh kebanyakan orang.

Karena permintaan yang semakin meningkat, tidak mengherankan jika kue kering merupakan peluang bisnis yang bisa memperoleh banyak keuntungan ketika hari raya tiba. Setelah lebaran selesai pun, pembeli kue kering pun masih tetap ada.

Macam - Macam Kue Kering Kiloan Lebaran 

Berbagai bentuk bisnis kue kering bisa di jumpai, baik itu yang sudah bungkusan rapi di outlet maupun dalam bentuk kiloan di pasar toko grosir. Saking banyaknya orang yang menjual kue kering kiloan membuat bisnis ini memiliki persaingan yang sangat ketat. Kalian perlu membuat inovasi agar penjualan kue kering kiloan lebaran dapat laris terjual. Salah caranya yaitu dengan menawarkan aneka kue kering kiloan yang memiliki rasa yang enak. Meskipun ada beberapa kue dengan tampilan yang sangat indah dan menarik, kadang-kadang hanya penampilan saja yang indah tidak dengan rasanya. Oleh karena itu jangan hanya mengandalkan bentuk kue kering yang menarik di mata, tapi perhatikan juga rasa yang membuat orang ingin membeli lagi.

Sebelum memulai mencoba usaha kue kering kiloan, kalian wajib mengetahui macam - macam kue kering kiloan apa yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu kami memberikan referensi beberapa kue kering kiloan yang cocok di jual pada waktu lebaran

Nastar Kiloan

kue yang berisikan selai nanas ini merupakan salah satu makanan favorit pada waktu Lebaran. Kue nastar berkurannya kecil, dengan perpaduan rasa manis dan asam.

Putri Salju

Dengan taburan gula halus seperti salju yang menutupi permukaan kue yang berbentuk bulan sabit ini adalah ciri khas kue putri salju. Kue ini selalu di minati dan dicari sebagai salah satu camilan favorit di hari lebaran.

Cocho Chips Mede

Kue coklat yang bertaburkan kacang mede ini memang membuat semua orang berselera untuk memakanya, terutama untuk anak-anak kecil paling suka kue ini.

Kue Semprit

Kue yang satu ini juga tidak pernah absen di jajaran kue kering khas lebara. Kue yang bahan dasarnya tepung terigu ini mempunyai tekstur yang khas dengan cita rasa yang enak.

Lidah Kucing

Kue yang berbentuk mirip lidah kucing ini salah satu kue terlaris di kalangan masyarakat menengah. Lidah kucing biasanya di sajikan dengan aneka varian rasa dan warna.

Kelebihan Usaha Kue Kering Kiloan

Kue kering kiloan yang dapat identik dengan kue-kue yang biasa ada di saat Lebaran. Maka salah satu kelebihan utama dari usaha kue kering kiloan adalah keuntungan yang berlipat ketika mulai memasuki hari lebaran. Jika kalian ingin berbisnis kue kering yang tidak mengandalkan momen hari raya, maka kalian bisa berinobasi sesuai dengan menyesuaikan momen yang ada.

Apabila kalian masih pemula yang ingin mencoba bisnis kue, usaha kue kering kiloan bisa kalian lakukan dengan mudah karena membutuhkan modal yang sedikit. Bahkan kalian bisa mencoba bisnis kue kering kiloan hasil dari buatan kalian sendiri.

Bisnis ini memiliki resiko yang minim, terlebih untuk kategori kue kering. Jika belum habis, kue tidak cepat rusak dan bisa dijual sampai jarak waktu beberapa hari. Sedangkan, untuk kue basah sendiri resikonya lebih besar karena sangat cepat rusak. Kalian jangan khawatir, dengan perhitungan yang tepat akan membuat bisnis kue kalian tidak mengalami kerugian.

Cara Memasarkan Bisnis Kue Kering Kiloan

Jika kalian sudah memproduksi bermacam-macam produk kue kering yang siap dipasarkan, kami akan memberikan tips bagaimana agar kue kalian laris di pasaran.

Menentukan Pasar

Pertama, kalian harus tau pasar mana yang akan di tuju. Apalagi Anda orang baru di dunia bisnis ini. Sebelum menawarkan kue kering, Anda bisa menyediakan beberapa testi untuk dicicipi. Cara inilah kalian mengetahui rasa kue kering seperti apa yang yang orang lain sukai.

Kemasan yang Menarik

Selain tentang rasa yang enak, bungkus kemasan yang kalian buat juga harus menarik karena banyak orang yang menjadikan kue kering sebagai hadiah saat Lebaran. Jika kemasan kue kering kalian menarik, hal tersebut bisa menambah ketertarikan orang untuk membelinya.

Inovasi Produk

Kalian harus memiliki inovasi terhadap produk kue kering yang ingin di jual. Karena persaingan yang sangat namyak apalagi saat lebaran tiba, Anda harus mempunyai ciri khas tersendiri di mata pelanggan, salah satunya adalah dengan membuat inovasi produk yang beda dari yang lain. Inovasi dapat berupa bentuk dan warna kue kering serta campuran rasa dan toping yang beda dari umumnya.

Pasarkan Secara Online

Di era modern seperti sekarang ini serba online, ini membuat kita mau tidak mau harus mengikuti zaman, memasarkan kue kering secara online adalah hal yang bagus. Kalian bisa memanfaatkan berbagai media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, website, sampai dengan marketplace.

Baca juga : Trik Rahasia Jualan di Tokopedia Tanpa ModalUntung Banyak

Buatlah tampilan kue kering semenarik mungkin, sehingga bisa menarik pembeli yang melihat di marketplace. Manfaatkan juga fitur yang tersedia di media sosial, seperti hashtag, agar mudah dicari dan diketahui pelanggan. Ada juga fitur-fitur di marketplace seperti menerapkan gratis ongkir. Baca juga : Trik Menerapkan Gratis Ongkir Supaya Untung

Rasa yang Konsisten

Jika kalian sudah memiliki pelanggan tetap, kalian harus bisa menjaga kualitas rasa dari kue kering atau kue Lebaran yang kalian produksi. Jangan mengurangi kualitas dengan cara mengurangi komposisi bahan dasar dalam rangka mengambil untuk yang lebih besar. Mengurangi komposisi bahan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar hanya akan menjadikan kalian kehilangan pelanggan dan kepercayaan mulai hilang. Pertahankan terus kualitas maka kue kalian akan selalu banyak peminatnya.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kalian bisa dengan mudah bersaing dalam usaha kue kering saat Lebaran telah tiba. Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal yang bisa menambah uang jajan.

Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Jualan Kue Kering Kiloan Lebaran"