Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Tanam Rumput Odot di Lahan Kering

cara budidaya tanam rumput odot di lahan kering

Cara tanam rumput Odot., - Menanam rumput odot untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak sudah banyak dilakukan oleh para peternak. Rumput ogot yanhg juga masih keluarga dari rumput gajah ini merupakan pakan kesukaan hewan ternak khususnya kambing dan sapi karena memiliki tekstur yang lembut. Selain itu bertekstur lembut, kandungan nutrisi yang di miliki rumput odot ini juga mampu mencukupi kebutuhan hewan ternak anda.

Cara menanam rumput odot

bisa di lakukan oleh siapapun dan sangat mudah dilakukan bahkan di lahan yang kering sekalipun. Kalian bisa memperoleh bibit odot dari kelompok vegetasi dengan menggunakan metode setek. ini Selain mudah ditanam, rumput memiliki produktivitas yang tinggi oleh karena itu banyak orang yang ingin budidaya rumput odot. Tak Cuma kambing dan sapi, rumput odot dapat dikonsumsi sebagai pakan ternak lainnya seperti, kelinci, domba dan kerbau. 

Langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum menanam rumput odot adalah mempersiapkan bibit dari setek tanaman rumput odot. Bibit ini bisa kalian dapatkan dari memotong rumput yang paling subur dengan panjang sekitar 15 sampai 30 cm. Pemotongan paling baik dilakukan dengan menggunakan pisau yang tajam agar tidak terjadi luka pada batangnya. Lahan yang akan dipergunakan untuk media penanaman juga harus di gemburkan terlebih dahulu. Untuk menyuburkan lahan bisa kalian gunakan pupuk kandang dengan cara menaburkan di sekitar lokasi tanam. Pastikan lahan mendapat pancaran sinar matahari yang cukup karena ini merupakan syarat terpenting agar rumput odot bisa tumbuh secara maksimal.

Rumput odot dapat ditanam dengan dua metode. Metode yang pertama yaitu monokultur, membudidayakan rumput odot dengan cara menanamnya tanpa ada tanaman lainya. Cara yang kedua sebaliknya, yaitu dengan mengombinasikan tanaman rumput odot dengan tanaman lain. Biasanya tanaman yang ditanam bersamaan dengan rumput ini memiliki fungsi mencegah erosi lahan, karena rumput odot memiliki ukuran yang pendek dibandingkan dengan rumput gajah. 

Langkah selanjutnya yang terpenting adalah pastikan lahan yang di pakai bebas dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Jika lahan sudah siap, lakukan pembuatan bedengan dan gundukan (seperti polisi tidur) dengan lebar sekitar 60 sampai 80 cm. Tinggi gundukan yang disarankan setinggi 20 cm. Setiap gundukan dapat ditanami bibit setek rumput odot. Dari Panjang tiga ruas rumput, kubur dua ruas ke dalam tanah. Jarak antar ruas bibit yang ditanam sekitar 50 sampai 75 cm. Sementara, jarak antar tanaman yang disarankan adalah 75 sampai 150 cm. Baca Juga Usaha Bisnis Tanaman Hias 

Perawatan rumput odot

Sekarang masuk pada tahap perawatan rumput odot, perawatan dapat dilakukan dengan cara memberikan pupuk kandang. Satu hektar lahan alangkah baiknya diberikan pupuk sebanyak 3 ton. Menggunakan NPK dapat mempercepat pertumbuhan rumput odot. Pemupukan ini biasanya  dilakukan pada hari ke-15 setelah pertama kali tanam. komposisi yang diberikan adalah 60 kilogram per hektare. Pemupukan juga dapat diperlengkap dengan pupuk cair dari urine kambing yang telah di fermentasi. Cara pemupukan dengan urine kambing adalah dengan cara disemprotkan pada tanaman dan tanah di sekitarnya. 

Rumput odot dapat dipanen setelah 4 bulan atau kurang lebih 120 hari. Ciri rumput odot yang sudah siap panen adalah ruas batang memiliki Panjang 15 cm. Waktu musim hujan adalah waktu yang paling tepat untuk menanamnya, karena lahan yang basah akan mempermudah rumput odot untuk tumbuh. 

Di lahan yang kering biasanya rumput odot cuma butuh penggemburan tanah yang bisa kalian lakukan pencangkulan terlebih dahulu, jangan lupa setalah batang tertanam kasih air secukupnya sehingga membuat tanah sedikit basah.

Cara sukses budidaya rumput odot sudah banyak di lakukan oleh para petani maupun peternak, caranya yang sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya yang mahal membuat alternatif pakan ternak ini sangat di minati, tidak hanya itu kalian juga bisa memperoleh hasil ternak yang besar dan gemuk untuk di jual kembali maupun di konsumsi sendiri

Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk " Cara Budidaya Tanam Rumput Odot di Lahan Kering"