Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar dan Menjanjikan 2023

Beragam contoh usaha modal kecil untung besar dapat kalian jadikan sebagai referensi ketika berencana ingin beralih dari karyawan menjadi pebisnis. Jadi, modal terbatas bukan berarti tidak punya pilihan, semua itu bergantung pada niat diri kalian.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam dunia bisnis, tidak ada jaminan bahwa segala sesuatunya akan berjalan mulus. Baik itu para pengusaha yang menginvestasikan jumlah uang yang besar maupun mereka yang memulai bisnis dengan modal kecil. Semuanya akan menghadapi risiko bisnis yang sama. Bahkan, mungkin para pengusaha dengan modal kecil akan menghadapi tantangan yang lebih besar, mengingat keterbatasan sumber daya yang ia miliki.

Walaupun setiap bisnis dapat menghadapi risiko, semuanya dapat diatasi dengan menerapkan strategi yang optimal, menunjukkan kreativitas dalam pengembangan, dan menerapkan ketekunan saat menjalankannya. Dengan demikian, setiap pengusaha pemula memiliki potensi untuk mengubah impian mereka menjadi kenyataan.

Dalam konteks ini, kalian dapat memilih salah satu dari beberapa contoh bisnis modal kecil untung besar. Pilihan-pilihan bisnis berikut tidak hanya berdasarkan teori semata, tetapi juga didasarkan pada logika dan fakta. Oleh karena itu, mari kita lihat beberapa opsi bisnis yang dapat kalian pilih sebagai berikut!

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

Ingin beralih menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil? Simaklah lalu pilih salah satu opsi berikut karena berpotensi menghasilkan keuntungan yang lebih besar:

1. Ternak Kelinci

Berdasarkan permintaan yang terus meningkat dari pasar kuliner untuk daging kelinci, peluang menjadi seorang peternak kelinci sangat menjanjikan dalam bisnis ini. Salah satu keuntungan dari usaha ini adalah modal yang relatif kecil, terutama untuk bibit dan kandang.

Meskipun kelinci membutuhkan perawatan agar tetap sehat, biaya operasionalnya tidak terlalu besar. Dengan fakta ini, kalian dapat memanfaatkan modal kecil dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Jika kalian tidak mampu membeli pakan pelet yang mahal, kalian dapat mencoba membuatnya sendiri atau memberikan pakan berupa rumput. Dengan cara ini, kalian tidak akan memerlukan modal yang besar untuk biaya pakan.

Dalam satu siklus pembiakan, seekor kelinci betina dapat menghasilkan 3 hingga 8 ekor anak kelinci. Dengan modal 20 betina dan 10 jantan, kalian sudah dapat memulai usaha peternakan dengan modal kecil yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar.

2. Les Private 

Apakah kalian pernah mempertimbangkan untuk menjadi seorang pendidik? Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang mengajar, maka tidak ada salahnya memilih salah satu contoh usaha bisnis modal kecil untung besar ini. Mengapa demikian? Berikut adalah lima fakta mengapa usaha les privat memiliki potensi hasil yang besar:

  • Low Overhead. Secara fakta, membuka usaha ini tidak membutuhkan modal untuk menyewa atau bahkan membeli ruangan yang ukurannya luas. Hal ini karena beberapa pendidik kerap mengajar klien-nya di rumah pelajar secara langsung. Oleh karena itulah, modal yang akan kalian perlukan sangat terminimalisir.
  • Skalabilitas. Walaupun kalian tidak memiliki lokasi yang luas, tetap saja usaha les private ini sanggup berkembang dari skala kecil ke skala besar. Menariknya, pengembangan tersebut tidak membutuhkan biaya investasi yang signifikan.

Sebenarnya masih tersedia beberapa alasan lagi mengapa les private termasuk dalam contoh usaha modal kecil untung besar. Namun setidaknya, 2 alasan tersebut sanggup membuat kalian berpikir dua kali untuk memilih usaha yang satu ini.

3. Laundry Kiloan

Salah satu contoh usaha modal kecil untung besar adalah bisnis laundry kiloan. Bisnis ini populer di kalangan banyak orang karena dianggap mudah dijalankan dan memiliki keuntungan yang menggiurkan dengan risiko yang minim.

Umumnya, bisnis laundry kiloan sangat bergantung pada tenaga kerja. Jadi jika kalian tidak memiliki waktu atau keahlian untuk menjalankannya, kalian dapat mencari karyawan untuk mengelola bisnis ini. Dengan demikian, bisnis tetap dapat berjalan tanpa kalian terlibat secara langsung.

Dari gambaran tersebut, dapat disimpulkan bahwa bisnis laundry kiloan memiliki dua manfaat utama, yakni potensi keuntungan yang besar dan efisiensi tenaga. Untuk memulai bisnis ini, langkah pertama adalah menyiapkan mesin cuci dan melakukan analisis pasar di sekitar lokasi yang akan menjadi tempat usaha.

Jika sebagian besar masyarakat di sekitar adalah karyawan, membuka bisnis laundry kiloan merupakan pilihan yang ideal dan berpotensi memberikan hasil yang lebih besar. Mengapa demikian? Karena mayoritas karyawan tidak memiliki waktu untuk mencuci dan merapikan pakaian sendiri.

4. Produksi Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan juga termasuk contoh usaha modal kecil untung besar. Berikut logika yang dapat kita siasati bersama sebagai gambaran!

Ketika sanggup menciptakan barang unik sendiri dengan memanfaatkan kreativitas, tentu kalian tidak membutuhkan biaya operasional kerja yang lebih mahal. Dengan begitu, kalian dapat memulai bisnis ini dengan modal terbatas.

Barang-barang kerajinan yang dapat kalian produksi dan laku keras di tengah-tengah masyarakat adalah dan aksesoris. Jadi, pertimbangkan lah untuk memproduksi kedua barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tidak perlu membuka kios sendiri di rumah untuk memasarkan semua karya kerajinan tersebut. Lebih baik manfaatkan lah marketplace sebagai tempat terbaik untuk berjualan. Di satu sisi, ketika memilih menggunakan platform tersebut, kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membuka kios sendiri.

5. Jual Mie Ayam

Usaha ini bisa kalian awali dengan hanya mengandalkan modal terbatas lo, sehingga tidak perlu membuka kios yang berukuran luas terlebih dahulu. Tetapi ingat, menjual mie ayam berarti kalian masuk dalam bisnis kuliner yang umumnya memiliki banyak risiko.

Tantangan terhadap resep untuk menghasilkan rasa yang khas dan sisa jualan adalah dua resiko yang harus kalian hadapi ketika memilih contoh usaha modal kecil untung besar ini. Jadi, bersiaplah untuk menghadapinya.

Namun ada cara ideal untuk mencegah kedua risiko tersebut. Pertama, kalian perlu belajar terlebih dahulu menciptakan resep mie ayam yang memiliki ciri khas tersendiri. Selanjutnya, ketika mie atau kaldu ayam masih tersisa, kalian dapat mengelolanya setelah tutup kios.

Dengan modal bahan yang mencapai 300.000 - 1.000.000, nantinya kalian dapat memperoleh keuntungan yang jumlahnya bisa mencapai jutaan rupiah. Bayangkan jika kalian bisa menghabiskan 10 kg mie ayam, berapa keuntungan dalam sehari dan sebulan?

6. Jasa Fotografi

Contoh usaha modal kecil untuk besar lainnya yang dapat kalian pilih yaitu membuka jasa Fotografi. Bagi sebian orang, bisnis ini memang terkesan tidak masuk akal, apalagi menjanjikan. Namun dalam faktanya, penghasilan dari bisnis ini benar-benar sangat menggiurkan.

Agar dapat menjalankan bisnis ini, maka kalian perlu memiliki kamera yang kualitasnya mumpuni untuk meningkatkan hasilnya. Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas dengan foto yang mereka terima.

Dari 6 contoh usaha modal kecil untung besar tersebut, kira-kira mana nih yang akan kalian pilih. Apapun jenisnya, paling tidak kalian memiliki kemampuan dalam bisnis yag telah kalian tentukan.

Posting Komentar untuk "6 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar dan Menjanjikan 2023"