Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Indonesia

Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Indonesia

Peluang usaha makanan khas daerah ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencoba membuka bisnis kuliner. Keunikan dari kuliner daerah ini tentunya bisa menjadi elemen penting yang membuat siapa saja tertarik untuk membelinya.

Anda bisa memulai usaha dengan membuka bisnis makanan khas daerah Indonesia. Bisnis ini sangat prospek dijalankan bagi Anda yang sangat menyukai dunia kuliner.

Ide Usaha Kuliner

Keberagaman dari suku bangsa yang ada di Indonesia ini melahirkan berbagai macam perbedaan. Hal tersebut telihat dari beraganya makanan khas daerah. Bagi Anda yang ingin membuka bisnis kuliner, maka bisa mencoba ide usaha makanan khas daerah berikut ini.

1.     Jajan Klepon

Klepon merupakan jajanan tradisional sangat populer dikalangan masyarakat, terlebih yang doyan akan kuliner nusantara. Salah satu jajanan tradisionl yang cukup populer saat ini adalah klepon. Kue yang berisikan gula merah ini memang sangat praktis ketika dimakan.

Untuk membedakannya dengan klepon lain, Anda bisamembuat variasi kue klepon dengan memasukkan buah sebagai pelengkapnya atau sebagai pengganti gula merah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pasta cokelat untuk isian kekiniannya.

2.     Mie Aceh

Kuliner yang berasal dari Aceh ini menghidangkan mie yang dibalut dengan kuah kari berempah. Hidangan ini sangat cocok dinikmati para pecinta kuliner dengan cita rasa yang pedas dan dipadu dengan rempah yang tebal.

Mie Aceh ini memiliki kuah yang kental dan rasa pedas yang menggugah selera. Kuliner ini memang sempat populer dan dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi siapa saja yang menggelutinya.

3.     Kue Pukis

Peluang usaha makanan khas daerah selanjutnya adalah kue pukis. Kue pukis ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang cukup populer dan mudah untuk ditemukan. Banyak sekali penjual makanan tradisional yang menjual pukis di tempat yang ramai aktivitas penduduk.

Pembuatan kue pukis ini tergolong mudah. Selain itu, untuk penghias atas kuenya bisa Anda ganti sesuai dengan selera. Agar terlihat lebih modern, Anda bisa menggunakan topping kekinian seperti nuttela atau lainnya.

4.     Kue Putu

Pada umumnya, kue putu ini sering dijual leh pedagang keliling. Pedagang tersebut akan menjajakan keu ini menggunakan gerobak. Sang penjual pun akan memasukkan adonan kedalam tabung, dan mengukusnya hingga matang.

Perlu Anda ketahui, bahwa kue putu ini bisa menjadi salah satu kuliner tradisional yang bisa dimodifikasi dan rasanya pun sangat enak. Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya dengan cara memberikan topping modern, seperti coklat, selai buah, atau lainnya.

5.     Lemper

Lemper merupakan salah satu jajanan tradisional yang sering ada di acara besar, hingga acara pasar tradisional. Kue lemper ini juga bisa dibilang menjadi jajanan tradisional yang bisa dimodifikasi dengan mudah melalui rasanya.

Untuk isian dari lemper sendiri bisa Anda modifikasi dengan topping yang jarang digunakan. Anda bisa menggunakan daging ayam, sosis, maupun ikan tuna sebagai isiannya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kemasan modern, sehingga orang lebih menyukainya.

Dan inilah beberapa jenis makanan khas Indonesia yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk membuka usaha kuliner. Peluang usaha jajanan khas daerah ini akan cukup prospek jika Anda bisa memilih dan mengembangkannya dengan baik.

Tentunya, Anda juga harus bisa membaca pangsa pasar dan melakukan segala inovasi dalam untuk mengembangkan peluang usaha makanan khas daerah ini.

Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Indonesia"