Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Usaha Laundry Rumahan Modal Kecil

Bisnis Usaha Laundry

Usaha Laundry rumahan adalah Pekerjaan yang sangat menjanjikan, pekerjaan mencuci pakaian kotor sebetulnya menjadi tanggung jawab kita untuk melakukanya, Tetapi sebagian orang tidak waktu untuk mencuci pakaiannya. Momen inilah yang bisa kalian manfaatkan sebagai peluang untuk membuka usaha jasa laundry pakaian.

Semakin sibuknya aktivitas masyarakat di perkotaan, menjadikan mereka mereka malas untuk melakukan kewajiban rumah tangga. Mereka ingin memanfaatkan waktu untuk pekerjaan lainya dari pada mengurusi pakaian kotor. Di samping itu mereka juga ingin pakaian yang di gunakan selalu bersih dan wangi. Dengan kalian membuat usaha laundry rumahan, kalian dapat menawarkan dengan biaya yang murah namun berkualitas.

Dengan memanfaatkan kondisi tersebut, kalian bisa memulai membuka usaha jasa laundry. Mengingat sangat banyak orang yang mengunakan jasa ini, sehingga peluang usaha ini bisa berkembang dengan pesat. Lalu bagaimana cara bisnis membuka usaha jasa laundry rumahan agar sukses dan bisa bertahan lama dengan modal yang kecil? Simak penjelasanya di bawah ini

Memulai Usaha Laundry Rumahan

Jika Kalian ingin membuka usaha laundry rumahan modal yang di butuhkan sangat kecil. Kalian bisa mencatat perkembangan grafik keuntunganya, jika semakin meningkat, maka Kalian bisa menambah mesin cuci untuk mempercepat pekerjaan dan berpeluang bisnis kalian menjadi lebih besar.

Dengan cuma modal satu mesin cuci yang murah dan cuma membutuhkan ruangan kecil untuk tempat transaksi baik pembayaran atau menerima dan menyerahkan pakaian yang ingin dicuci pelanggan, sudah bisa menjalankan usaha ini.

Keperluan usaha laundry yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha
Untuk memulai bisnis ini agar bisa menjadi usaha yang sukses, Kalian harus punya pengetahuan tentang macam-macam kain, macam-macam noda dan sebagainya. Simak ulasan kami sebelum membuka bisnis laundry rumahan.

Kalian harus mengetahui bagaimana cara mencuci pakaian dengan baik. Mengetahui macam-macam kain, serta bagaimana cara mencuci dan mengeringkanya tanpa merusak warna dan tekstur kain.
  1. Gunakan sabun pembersih yang tepat agar dapat menghilangkan noda tanpa merusak warna kain.
  2. Gunakan alat sesuai dengan modal kalian, tidak perlu mewah, akan tetapi cukup bisa membuat puas pelanggan.
  3. Kalkulasi tenaga kerja jika kalian menggunakan karyawan untuk bisnis ini. Menggunakan karyawan sangat efektif untuk mempercepat pengerjaan kalian, tetapi hal ini di gunakan kalau usaha kalian cukup ramai.
  4. Siapkan modal untuk biaya operasional selama tiga bulan kedepan. Biaya operasional itu seperti untuk bayar listrik, biaya untuk membeli sabun deterjen dan air(jika menggunakan PAM) harus kalian perhitungkan dengan baik agar nantinya tidak mengalami kerugian.

Rintangan dalam menjalankan usaha jasa laundry

Setiap melakukan sebuah usaha selalu ada rintangan yang kadang membuat kita nyerah. Tidak terkecuali bisnis laundry Kalian. Berikut kami informasikan beberapa rintangan dalam menjalankan usaha jasa laundry.
  1. Sudah banyak pengusaha lainya yang sudah membuka usaha lebih awal. Di dalam bisnis Persaingan adalah hal yang wajar, oleh karena itu kalian harus menjalin hubungan baik dengan banyak pelanggan. Membrikan pelayanan yang baik adalah salah satu cara agar pelanggan puas dan mau balik lagi.
  2. Pelanggan kadang-kadang memberi waktu pengerjaan tidak terlalu lama. Oleh karena itu ketika pekerjaan sedang banyak, maka harus mengatur waktu agar pekerjaan bisa selesai pada waktu yang sudah di tentukan.
  3. Sebagian masyarakat sudah memiliki mesin cuci di rumah, sehingga mengurangi calon pelanggan kalian.

Strategi menjalankan usaha jasa laundry

Pilihlah lokasi yang tepat

Untuk menjalankan bisnisya pilihlah lokasi yang strategis karena ini merupakan salah satu kunci untuk memberi gambaran apakah bisa di gunakan untuk bisnis laundry. Pemilihan lokasi yang startegis dapat mempengaruhi bisnis Kalian ramai atau tidak. lokasi-lokasi dekat dengan sekolah, kampus, atau kontrakan akan membuat orang2 memanfaatkan bisnis kalian, karena biasanya orang kampus banyak yang tidak punya waktu untuk mencucinya dan lebih memilih untuk mengunakan jasa laundry.

Sesuaikan harga

Sebelum kalian memulai usaha sebaiknya Kalian melakukan riset harga pasaran agar harga yang kalian tentukan tidak kemahalan dan tidak pula murah. Kalian bisa menyamakan harga yang di cantumkan oleh pesaing kalian. Cocokan harga dengan pelayanan yang Kalian berikan kepada pelanggan.

Berikan pelayanan ekstra

Bila sudah banyak yang membuka bisnis sama Kalian harus mempunyai ciri khas yang beda dari yang lain. Umumnya pelanggan tidak akan keberatan dengan membayar sedikit lebih mahal tetapi mereka puas dengan pelayanan seperti memberin minyak wangi, anti kusut, pelayanan antar jemput.

Selain itu dalam melakukan usaha jasa laundry waktu yang tepat adalah hal yang perlu Kalian jaga. Jangan membuat pelanggan Kalian kecewa karena pakaian yang di cuci tidak bisa selesai tepat waktu.

Rekrut tenaga kerja yang tepat

Pekerjakan karyawan yang sesuai dengan bakat dan minat kepada bidang yang akan dikerjakan. Kelompokan antara karyawan bagian administrasi dengan bagian mencuci, supaya waktu kerja mereka bisa maksimal. Untuk jumlah karyawan sesuaikan apabila usaha jasa laundry rumahan Kalian sudah mulai ramai. Sedangkan diawal usaha mungkin tidak membutuhkan tambahan karyawan karena semua pekerjaan dapat di lakukan oleh satu orang saja.
Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Bisnis Usaha Laundry Rumahan Modal Kecil"