Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Cetak Undangan Rumahan untuk Pemula

bisnis cetak undangan

Bisnis percetakan undangan merupakan sebuah usaha yang cukup untuk mendapat penghasilan tambahan. Selain itu, bisnis cetak undangan juga dapat dilakukan oleh semua orang dan bisa di buat kerja sampingan agar memperoleh penghasilan tambahan di luar dari hasil gaji dari pekerjaan utama. Sebab, mencetak undangan dapat di kerjakan didalam rumah tanpa harus memerlukan sebuah lapak atau toko.

Bagi kalian yang ingin bisnis percetakan undangan, berikut ini merupakan daftar persyaratan yang harus disiapkan sebelum kalian memulainya.

1. Siapkan Katalog Undangan

Syarat yang pertama yaitu mengumpulkan atau menyiapkan sebuah katalog undangan. Apa yang di maksud dengan katalog undangan? Katalog undangan merupakan kumpulan contoh undangan dari berbagai jenis dan model undangan yang sudah di konsep. Siapkanlah paling sedikit 20 contoh undangan sebagai awalan.

Kalian dapat mencarinya di internet atau di toko yang menjual blangko undangan di kota sekitar tempat tinggal kalian. Jika tidak ada, kalian dapat membelinya secara online di situs market place seperti shoppe, tokopedia dan lain- lain untuk dijadikan katalog.

2. Menyiapkan Sebuah Printer Atau Mesin Cetak

Printer ini adalah barang yang wajib kalian miliki untuk kalian yang ingin memulai usaha percetakan. Karena tanpa mesin cetak kalian tidak dapat mencetak kertas undangan. Jadi di harapkan kalian harus mempunyai mesin cetak ini agar usaha kalian dapat di mulai.

Untuk kita yang masih pemula, membeli printer second menjadi solusi untuk mencoba bisnis ini. Harga printer second berkisar 500 ribu hingga 1 juta rupiah. kami merekomendasikan kalian membeli printer merk epson, Karena printer merk ini sudah banyak yang membuktikan sangat bandel dan juga banyak dipakai oleh pengusaha cetak undangan saat ini, ini bukan dapat sponsor dari Epson lo ya, bisa pakai merk lainya

3. Menyiapkan Komputer Atau Laptop

Mirip seperti printer diatas, komputer atau laptop juga wajib ada untuk usaha percetakan. Karena untuk melakukan desain undangan atau melakukan pengetikan, kalian pasti membutuhkan sebuah mesin ketik. Untuk melimit modal, sebaiknya kalian beli komputer atau laptop bekas saja. Tetapi jika modal kalian banyak, lebih baik beli yang baru, untuk aset di masa mendatang.

Untuk harga laptop bekas yang dapat kalian beli untuk melakukan usaha percetakan ini sekitar 1,5 juta sampai 3 juta. Kita rekomendasikan untuk memilih komputer jenis PC atau komputer meja. Biasanya harga lebih murah dari pada laptop, PC juga lebih kuat ketahananya untuk menjalankan aplikasi editing yang cukup berat biasanya, kalau yang faham computer lebih baik lagi beli yang rakitan sehingga kita dapat menyesuaikan kebutuhan dan modal

4. Menyiapkan Pemasaran Atau Promosi

Supaya usaha percetakan kalian dapat dikenal oleh calon pembeli yang ingin menggunakan jasa cetak undangan kalian, tentunya kalian harus pandai-pandai untuk mengenalkan jasa percetakan kalian kepada orang-orang disekitar tempat tinggal kalian. Jika tidak ada orang yang mengetahui bisnis kalian, maka orang tidak tau dan peluang untuk dapat orderan sangat minim.

Kalian dapat mengenalkan jasa kalian mulai dari tetangga terdekat atau membuat brosur katalog undangan yang sudah kalian buat di sebar ke tempat yang ramai misalnya di fotokopian atau toko. Kalian juga bisa upload di internet dengan menggunakan media sosial seperti website, facebook, instagram ataupun twitter.

5. Sempurnakan Yang Sudah berjalan

Setelah usaha kalian lancar, kalian tinggal menyempurnakan apa yang belum ada. Misalnya jika printer di rasa kurang karena orderan kalian banyak maka kalian bisa menambah jumlah printer lagi untuk mempercepat pekerjaan kalian. Dengan berjalan waktu kalian juga bisa belajar melakukan editing pada jenis undangan tersebut.

Semakin banyak katalog undangan yang kalian miliki akan memberikan banyak pilihan kepada pembeli untuk orderanya. Tetap utamakan kualitas karena beberapa konsumen pasti akan melakukan repeat order jika kualitas jasa kalian rapi dan profesional.

Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Bisnis Cetak Undangan Rumahan untuk Pemula"