Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Budidaya Ikan Gabus dalam Kolam Terpal

budidaya ikan gabus

Budidaya ikan gabus atau biasa orang sebut ikan kutuk adalah salah satu ikan yang bisa di dibudidayakan atau di kembangbiakan dengan mudah karena tempat hidupnya di air tawar. Ikan gabus ini hidup liar di sungai ataupun rawa-rawa. Memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan saat di konsumsi dan manfaat lainya dari segi ekonomi. Di pasaran ikan gabus ini banyak peminatnya sehingga menjadi peluang untuk kita budidaya ikan gabus dalam kolam terpal.

Ikan gabus didalam budidayanya termasuk dalam kategori gampang gampah susah. Namun lebih banyak keuntungan dan kelebihannya dibandingkan budidaya ikan tawar jenis lainnya. Ikan gabus membutuhkan waktu yang relatif cepat dalam pembudidayaannya, serta minat pasar terhadap ikan gabus ini lebih tinggi karena kaya akan manfaat yang terkandung di dalamnya. jika anda tertarik untuk budidya ikan gabus ini, mari kita simak bersama Langkah langkah budidaya ikan gabus di dalam kolam terpal berikut ini :

Cara Memulai Budidaya ikan gabus

A. Memilih bibit buat indukan ikan gabus

Anda bisa mendapatkan bibit ikan gabus di tempat penjualan benih ikan air tawar di sekitar lokasi anda. Indukan atau bibit ikan gabus mempunyai beberapa ciri yang baik untuk di budidayakan. Berikut adalah cara pemilihan induk benih ikan gabus :

1. Pilihlah bibit ikan gabus yang memiliki kualitas yang Bagus. Jangan asal membeli bibit yang murahan tetapi hasil dari perkembangan ikan buruk, itu sama saja merugikan kita nantinya

2. Pilihlah warna bibit ikan gabus yang segar dan lincah, tanda lainya yaitu sisik ikan jantan cenderung lebih gelap dan betina cenderung lebih terang.

3. Bentuk kepala ikan gabus mirip seperti kepala ular, tapi untuk lebih detailnya ikan gabus jantan lebih oval sedangkan ikan gabus betina lebih bulat.

4. Untuk memperjelas ikan gabus jantan dan betina yang sehat, dari lubang genital ikan gabus jantan lebih merah dan bila di tekan akan keluar cairan putih bening, sedangkan gabus betina berukuran buncit dan lembek, bila di tekan berisi calon telur ikan gabus.

5. Amati tingkah laku indukan ikan gabus, apabila gesit maka ikan gabus tersebut masih kondisi sehat, dan apabila jika bibit ikan gabus agak bermalas malasan gerakannya, berarti kondisinya kurang sehat dan anda hindari ikan semacam itu.

B. Menyiapkan tempat untuk budidaya ikan gabus dalam kolam terpal

Kolam yang akan kita gunakan untuk memelihara dan budidaya ikan gabus ini menggunakan kolam dari terpal, kalian bisa mengguakan kolam dari wadah yang besar, ataupun gentong sebagai alternatifnya. menyesuaikan dengan budget ataupun lahan yang anda punyai. Jika untuk budidaya yang skalanya besar, kita rekomendasi untuk membuat kolam atau empang. Berikut adalah cara kita mempersiapkan tempat dalam cara budidaya ikan gabus dalam kolam terpal :

1. Kolam atau empang yang di pakai harus luas dan supaya bisa dibuat beberapa kolam untuk di kasih sekat pembatas yang berguna untuk mengelompakan berdasakran ukuran ikan gabus.

2. Kasih lubang di dasar kolam dengan menggunakan pipa kecil sebagai jalan keluarnya air ketika mau menguras dan pembersihan kolam.

3. Jika Membuat kolam dengan menggunakan plastik/terpal di atas tanah, tepiannya harus di beri besi tegak untuk menyangga sekeliling plastic/terpal yang membentuk seperti pagar yang tujuannya agar air di dalam kolam tidak tumpah.

4. Setelah kolam siap, bersihkan dan isi air bersih. Jangan lupa memberi bibit-bibit lumut yang mengandung zooplankton dan fitoplankton di dalam kolam sebagai makanan alami benih ikan gabus di dalam kolam.

C. Proses dan cara budidaya ikan gabus dalam kolam

Untuk proses awal cara budidaya ikan gabus dalam kolam, cek kesiapan seluruh alat dan bahan yang tersedia, jika sudah siap langsung kita menuju ke kolam. Untuk lebih jelasnya, mari kita pahami proses budidaya ikan gabus sebagai berikut :

1. Ikan gabus yang telah anda pilih pada waktu pembelian, secepatnya segera di letakkan ke dalam kolam yang telah anda persiapkan sebelumnya. 

2. Masukkan ikan gabus ke dalam kolam sesama kelompoknya dengan pelan - pelan, lakukan juga sortir ikan menurut jenisnya.

3. Setelah ikan gabus tersebut beradaptasi di temoat kolam buatan anda, selanjutnya anda bisa melakukan menggabungkan ikan gabus jantan dan betina agar terjadi proses perkawinan dan pembuahan.

4. Setelah proses perkawinan dan pembuahan dalam beberapa hari oleh pasangan ikan gabus tadi, anda bisa mengelompokan antara telur-telur yang telah di hasilkan oleh ikan gabus betina. Umumnya telur ikan menempel di sisi dinding kolam ataupun benda-benda di dalam kolam.

5. Telur-telur tersebut alangkah baiknya di pisahkan dari induknya, dan di biarkan saja sampai telur-telur ikan tersebut menetas dan menjadi anakan ikan gabus.

D. Perawatan budidaya ikan gabus

Masuk ke dalam fase perawatanya, Ketika pembudidayaan ikan gabus sudah berjalan beberapa hari, anda perlu melakukan perawatan terhadap ikan gabus anda, terutama yang masih kecil. Jangan hanya ikan saja yang anda rawat, tetapi lingkungan tempat kelangsungan hidup ikan juga perlu di jaga kebersihannya agar ikan tersebut bersih dan tidak gampang mati. Untuk langkah-langkah perawatan budidaya ikan gabus adalah sebagai berikut :

1. Untuk benih ikan gabus kecil yang baru saja menetas, anda tidak usah memberikan pakan selama satu hingga dua hari. Selanjutnya, anda bisa kasih makanan khusus benih ikan gabus kecil di pagi, dan sore hari.

2. Ikan gabus kecil yang agak dewasa, anda bisa pindahkan ke kolam utama.

3. Berilah pakan ikan berkualitas baik secara rutin setiap pagi dan sore hari. Hal itu akan membuat daya tumbuh ikan meningkat dan menghasilkan ikan yang maksimal.

4. Jangan lupa membersihkan kolam budidaya ikan selama satu minggu sekali. Air yang nampak keruh di buang melalui saluran air kolam yang anda buat tadi. Bersihkan kotoran ikan yang ada di dalam kolam, lalu isi lagi dengan air yang bersih.

E. Panen ikan gabus

Ikan gabus yang sudah masuk kategori yang kita inginkan, selanjutnya ikan ternak siap di panen dan di jual. Bisa anda jual berupa bibit muda atau indukan yang nantinya di budidaya oleh masyarakat lain, panenlah ikan gabus yang sudah berusia remaja. Kalau ikan gabus yang di jual untuk di konsumsi, anda bisa mengambil yang berukuran dewasa dan besar ke pengepul ikan atau pembeli dari luar. Ikan gabus mengandung albuminnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, ini yang membuat harga jualnya sangat tinggi di pasaran. 

Itulah tadi sudah di jelaskan secara lengkap pembahasan mengenai cara budidaya ikan gabus dalam kolam terpal. Melakukan semua langkah-langkah proses budidaya dan perawatan dengan baik dan benar, akan menghasilkan ikan gabus yang berkualitas dan keuntungan yang banyak. Jika ikan yang di hasilkan berkualitas, maka peminat pasar akan budidaya ikan gabus anda akan naik serta meningkatkan penjualan.

Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk " Tips Budidaya Ikan Gabus dalam Kolam Terpal"