Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Usaha Kopi Kekinian Yang Perlu Kalian Coba

usaha kopi kekinian untung besar

Di tengah musim pandemic covid-19 ini, banyak masyarakat yang mengalami PHK dari tempatnya bekerja.  Anda bisa memulai bisnis di sekitar rumah anda dengan membuka bisnis usaha apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan hidup. Wirausaha yang bisa anda coba yaitu bisnis usaha kopi kekinian ataupun Bisnis usaha parfum omset besar.

Kopi akhir-akhir ini menjadi minuman hits yang banyak di minati anak-anak muda. Karena minat kopi yang semakin tinggi, banyak pebisnis memiliki ide untuk membuka usaha kedai atau cafe yang memiliki menu utama yakni kopi. Hal ini juga bisa menjadi ide anda untuk membuat bisnis usaha kopi kekinian dengan cirri khas yang anda miliki.

Anda bisa memulai bisnis kopi dengan membuat banyak variasi menu dalam kafe anda. Kopi yang anda buat tidak hanya kopi hitam biasa, berbagai modifikasi kopi dapat anda di kembangkan bersama dengan bahan minuman lain seperti susu, perisa buah, coklat, keju, dan lain-lain.

Beberapa pertimbangan harus anda rencanakan secara matang dalam membuat usaha kopi. Di antaranya adalah sebagai berikut :

A. Dana yang anda miliki

Berbicara mengenai modal, anda bisa mendapatkannya dari 3 sumber modal untuk mendirikan usaha anda. Yang  pertama sumber dari dana sendiri, yang kedua sumber dari dana pinjaman bank, yang ketiga sumber dari dana rekan kerja atau kerjasama. Penggunaan modal ini bisa anda pilih salah satu, salah dua atau ketiganya.

Jika anda memiliki dana hasil tabungan anda yang sekiranya cukup untuk usaha kopi, anda tidak perlu meminjam uang dari bank atau rekan anda. sebaliknya, jika anda benar-benar butuh tambahan dana untuk bisnis, anda bisa dengan mengajukan pinjaman ke bank atau bekerjasama dengan rekan anda agar teman anda bisa menanamkan modal di usaha anda.

B. Target konsumen di wilayah anda

Jika merujuk pada bisnis kopi, target konsumen sangat jelas sekali dapat untuk di konsumsi berbagai kalangan baik muda ataupun tua.  Jika ingin cepat banyak peminatnya, buatlah menu-menu kopi yang menarik seperti memberikan variasi rasa ataupun menjual jenis- jenis kopi lain seperti kopi Arabica, kopi toraja, kopi lelet dan sebagainya.

C. Penempatan lokasi bisnis anda

Untuk lokasi bisnis kopi yang akan rintis, sebaiknya anda membuka di tempat yang strategis di mana banyak orang berlalu lalang. Namun jika anda tinggal di pelosok, anda masih bisa untuk membuka usaha kopi dengan catatan anda harus rajin promosi di media sosial dan mencantumkan lokasi usaha anda. Jangan lupa kalau kalian sewa tempat, perhitungkan juga biaya nya supaya nanti bisa menghitung modal keseluruhan

D. Izin usaha

Jika usaha yang anda buka adalah skala kecil seperti warung atau angkringan biasa, anda tidak di wajibkan untuk mengurus perizinan usaha. Tetapi jika usaha kopi yang anda buat itu skala menengah ke atas seperti cafe dan restoran, anda wajib untuk lapor membuat izin usaha dari TDP, SIUP, dan IMB.

Jika anda tidak memiliki modal yang besar untuk membuka bisnis kopi, anda bisa bekerjasama dengan bisnis franchise. Hanya bermodal mulai dari 2 juta rupiah, anda sudah mendapatkan paket usaha kopi lengkap. Biasanya dalam paket franchise kedai kopi berisi label nama yang sudah di kenal banyak orang, menu komplit beserta bahan-bahannya, hingga box atau tempat untuk berjualannya.

Itulah pembahasan mengenai bisnis usaha kopi kekinian yang dapat anda coba. Jangan pantang menyerah dalam memulai sebuah usaha. Usaha yang di rintis dengan semangat, pasti akan memberikan hasil.


Moch Saroni
Moch Saroni Blogger labil dan Inkonsisten

Posting Komentar untuk "Bisnis Usaha Kopi Kekinian Yang Perlu Kalian Coba"